Jenis dan Harga Pasang Genteng Per Meter Terbaru

Jenis-dan-Harga-Pasang-Genteng-Per-Meter-Terbaru

Pada saat membangun sebuah rumah atau bangunan lainnya, salah satu elemen penting yang harus dipertimbangkan adalah genteng. Genteng merupakan pelindung utama dari cuaca yang memasuki bangunan, sehingga memilih genteng yang tepat sangatlah penting. Selain itu, genteng juga menjadi salah satu elemen estetika yang dapat mempengaruhi tampilan keseluruhan bangunan.

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis genteng yang tersedia dengan harga yang bervariasi. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dijelaskan jenis-jenis genteng dan daftar harga pasang genteng per meter terbaru di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Jenis-jenis Genteng

Genteng Beton

Genteng beton adalah jenis genteng yang paling umum digunakan di Indonesia. Genteng beton terbuat dari campuran semen, pasir, dan bahan tambahan lainnya. Genteng beton memiliki beberapa kelebihan, antara lain tahan terhadap cuaca, tahan api, dan tidak mudah rusak. Genteng beton juga mudah dipasang dan terdapat berbagai warna yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Namun, genteng beton juga memiliki kekurangan, yaitu berat. Genteng beton memerlukan konstruksi atap yang kuat untuk menopangnya. Selain itu, genteng beton juga memiliki kandungan asbes yang dapat berbahaya bagi kesehatan jika tidak dipasang dengan benar.

Genteng Metal

Genteng metal terbuat dari bahan baja atau aluminium. Genteng metal memiliki beberapa kelebihan, yaitu ringan, tahan lama, tahan terhadap api, dan tahan terhadap cuaca ekstrem. Genteng metal juga mudah dipasang dan dapat diambil kembali jika diperlukan.

Namun, genteng metal juga memiliki kekurangan, yaitu lebih mahal dibandingkan genteng beton. Selain itu, genteng metal juga mudah berkarat dan dapat menimbulkan suara bising saat terkena hujan.

Genteng Keramik

Genteng keramik terbuat dari tanah liat yang dibakar pada suhu tinggi. Genteng keramik memiliki beberapa kelebihan, yaitu tahan lama, tidak mudah rusak, dan memiliki warna yang alami. Genteng keramik juga cocok untuk bangunan bergaya tradisional.

Namun, genteng keramik juga memiliki kekurangan, yaitu berat dan lebih sulit dipasang dibandingkan genteng beton atau metal. Genteng keramik juga mudah retak jika terkena benturan.

Baca Juga :  Mendesain Ruang Bawah Tanah Menjadi Ruang Kreatif yang Multifungsi

Genteng Bitumen

Genteng bitumen terbuat dari campuran aspal, serat, dan bahan tambahan lainnya. Genteng bitumen memiliki beberapa kelebihan, yaitu ringan, mudah dipasang, tahan terhadap cuaca, dan memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan genteng lainnya.

Namun, genteng bitumen juga memiliki kekurangan, yaitu tidak tahan lama dan mudah rusak akibat sinar ultraviolet. Selain itu, genteng bitumen juga tidak cocok untuk daerah yang sering terkena cuaca ekstrem seperti hujan deras atau angin kencang.

Daftar Harga Pasang Genteng Per Meter Terbaru di Indonesia

Harga pasang genteng per meter terbaru di Indonesia dapat bervariasi tergantung dari jenis genteng yang dipilih, wilayah, dan biaya pemasangan. Berikut ini adalah daftar harga pasang genteng per meter terbaru di Indonesia.

Genteng Beton

Harga pasang genteng beton per meter di Jakarta: Rp 80.000 – Rp 120.000
Harga pasang genteng beton per meter di Bandung: Rp 70.000 – Rp 110.000
Harga pasang genteng beton per meter di Surabaya: Rp 90.000 – Rp 130.000
Harga pasang genteng beton per meter di Bali: Rp 100.000 – Rp 150.000

Genteng Metal

Harga pasang genteng metal per meter di Jakarta: Rp 120.000 – Rp 180.000
Harga pasang genteng metal per meter di Bandung: Rp 110.000 – Rp 170.000
Harga pasang genteng metal per meter di Surabaya: Rp 140.000 – Rp 200.000
Harga pasang genteng metal per meter di Bali: Rp 150.000 – Rp 210.000

Genteng Keramik

Harga pasang genteng keramik per meter di Jakarta: Rp 150.000 – Rp 200.000
Harga pasang genteng keramik per meter di Bandung: Rp 140.000 – Rp 190.000
Harga pasang genteng keramik per meter di Surabaya: Rp 170.000 – Rp 220.000
Harga pasang genteng keramik per meter di Bali: Rp 180.000 – Rp 230.000

Genteng Bitumen

Harga pasang genteng bitumen per meter di Jakarta: Rp 50.000 – Rp 70.000
Harga pasang genteng bitumen per meter di Bandung: Rp 40.000 – Rp 60.000
Harga pasang genteng bitumen per meter di Surabaya: Rp 60.000 – Rp 80.000
Harga pasang genteng bitumen per meter di Bali: Rp 70.000 – Rp 90.000

Baca Juga :  7 Ide Desain Taman Vertikal untuk Rumah Kecil

Perlu diketahui bahwa harga tersebut hanya perkiraan dan dapat berubah tergantung dari berbagai faktor seperti biaya pemasangan, lokasi, dan jenis genteng yang dipilih. Tulisan ini telah tayang di 4yocarirumah c0m

Genteng

Kesimpulan

Dalam memilih genteng untuk bangunan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti jenis genteng, tahan lama, daya tahan terhadap cuaca, keindahan, serta biaya pasang genteng per meter. Genteng beton, metal, keramik, dan bitumen adalah jenis genteng yang umumnya digunakan di Indonesia dengan masing-masing kelebihan dan kekurangan.

Oleh karena itu, perlu dipertimbangkan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. Semoga artikel ini dapat membantu dalam memilih jenis genteng yang tepat untuk bangunan Anda.

Pos terkait