Mengenal Particle Board, Keunggulan dan Penggunaannya

Mengenal Particle Board
Mengenal Particle Board

Mengenal Particle Board | Particle board, atau sering disebut papan partikel, merupakan salah satu jenis bahan bangunan yang telah menjadi pilihan utama dalam industri konstruksi modern. Bahan ini memainkan peran penting dalam memenuhi kebutuhan konstruksi dan desain interior dengan lebih efisien.

Artikel ini akan menjelaskan pengertian particle board, cara pembuatannya, keunggulan, serta penggunaannya dalam industri konstruksi dan desain.

Mengenal Particle Board

Particle board adalah jenis papan buatan yang terdiri dari serbuk kayu, serat kayu, dan bahan perekat yang dihasilkan melalui proses teknologi tinggi. Bahan perekat yang umumnya digunakan adalah resin sintetis yang memberikan kekuatan dan kestabilan pada papan partikel.

Proses pembuatan melibatkan pencampuran serbuk kayu dengan resin, kemudian dipadatkan dan dipanaskan untuk membentuk lembaran tipis atau balok sesuai dengan kebutuhan.

Cara Pembuatan Particle Board

Proses pembuatan particle board dimulai dengan pemilihan bahan baku utama, yaitu serbuk dan serat kayu. Serbuk dan serat ini kemudian dicampur dengan resin perekat dan dihasilkan adonan yang homogen.

Setelah itu, adonan tersebut ditempatkan di dalam cetakan dan dipadatkan menggunakan tekanan tinggi serta pemanasan. Proses ini menyebabkan resin mengeras dan memberikan kekuatan pada papan partikel.

Ada dua jenis particle board yang umum ditemui, yaitu particle board standar dan particle board berkekuatan tinggi. Particle board standar biasanya digunakan untuk kebutuhan umum seperti pembuatan mebel dan panel dinding. Sementara itu, particle board berkekuatan tinggi memiliki daya tahan yang lebih baik dan sering digunakan dalam konstruksi struktural.

Keunggulan Particle Board

  • Harga Terjangkau: Salah satu keunggulan utama particle board adalah harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan bangunan lain seperti kayu padat atau plywood. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang ekonomis untuk proyek konstruksi besar.
  • Ringan dan Mudah Dikerjakan: Particle board memiliki bobot yang ringan, sehingga memudahkan transportasi dan pemasangan. Selain itu, bahan ini mudah untuk dipotong, dibentuk, dan dikerjakan sesuai kebutuhan desain, membuatnya menjadi pilihan yang fleksibel bagi para arsitek dan desainer.
  • Ramah Lingkungan: Sebagian besar particle board diproduksi dari bahan baku daur ulang, seperti serbuk kayu dan serat kayu yang tidak terpakai. Penggunaan bahan daur ulang ini membuatnya menjadi pilihan yang ramah lingkungan dan mendukung prinsip keberlanjutan.
  • Kekuatan dan Stabilitas: Meskipun harga terjangkau, particle board memiliki kekuatan yang cukup untuk digunakan dalam berbagai aplikasi konstruksi. Particle board berkekuatan tinggi bahkan mampu memberikan kestabilan struktural pada proyek-proyek yang lebih besar.
Baca Juga :  Exhaust Fan: Pengertian, Jenis, dan Cara memilihnya

Baca Juga: Menghitung Biaya Bangun Rumah Ukuran 4×6 Meter

Kelemahan Particle Board

Particle board, meskipun banyak digunakan, memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan:

  • Rentan Terhadap Air: Tidak tahan terhadap air, dapat mengalami pembengkakan atau deformasi jika terkena kelembaban tinggi.
  • Ketidakstabilan Terhadap Suhu Ekstrem: Rentan terhadap perubahan bentuk akibat suhu ekstrem, perlu perhatian ekstra pada lingkungan yang fluktuatif.
  • Keterbatasan Kekuatan Struktural: Secara umum memiliki kekuatan struktural yang lebih rendah dibandingkan bahan konstruksi lainnya.
  • Emisi Formaldehida: Menggunakan resin tertentu yang dapat menghasilkan emisi formaldehida, yang bisa menjadi masalah kesehatan dan kualitas udara dalam ruangan.

Pemilihan particle board perlu mempertimbangkan kekurangan-kekurangan ini sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan aplikasinya.

Particle Board
Particle Board

Penggunaan Particle Board

Penggunaan Particle Board dalam Industri Konstruksi dan Desain

  1. Mebel: Particle board sering digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan mebel, seperti lemari, meja, dan rak buku. Kelebihannya yang ringan dan mudah dikerjakan membuatnya menjadi pilihan yang populer di industri furnitur.
  2. Panel Dinding: Particle board juga digunakan sebagai bahan dasar untuk panel dinding. Penggunaan panel dinding ini memberikan tampilan yang rapi dan dapat diaplikasikan pada berbagai desain interior.
  3. Lantai: Beberapa jenis particle board berkekuatan tinggi dapat digunakan sebagai bahan dasar lantai. Keunggulan kestabilan dan daya tahan membuatnya menjadi alternatif yang baik untuk lantai kayu padat.
  4. Konstruksi Bangunan: Particle board berkekuatan tinggi dapat digunakan dalam konstruksi bangunan sebagai pengganti kayu padat atau bahan bangunan lainnya. Penggunaannya dalam konstruksi struktural memberikan alternatif yang efisien dan ekonomis.
  5. Proyek DIY (Do It Yourself): Ketersediaan particle board dalam berbagai ketebalan dan ukuran membuatnya cocok untuk proyek-proyek DIY. Bahan ini dapat dengan mudah dipotong dan dirakit sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Baca Juga :  Kombinasi Warna Cat Rumah Cream & Coklat

Kesimpulan

Particle board telah menjadi pilihan yang populer dalam industri konstruksi dan desain interior berkat keunggulannya yang mencakup harga terjangkau, ringan, mudah dikerjakan, ramah lingkungan, kekuatan, dan stabilitas.

Meskipun tidak semua jenis particle board cocok untuk setiap proyek, namun keberagaman jenis dan kegunaannya membuatnya menjadi bahan yang sangat fleksibel. Sebagai alternatif yang efisien dan ekonomis, particle board terus berkontribusi pada perkembangan dan inovasi dalam dunia konstruksi modern.

Pos terkait