5 Cara Mudah Membuat Rak Buku Sendiri di Rumah

Pernahkah Anda merasa kesulitan untuk menemukan tempat yang tepat untuk meletakkan buku-buku Anda di rumah? Mungkin saatnya bagi Anda untuk membuat rak buku sendiri di rumah. Selain lebih hemat biaya, membuat rak buku sendiri juga bisa menambah kreativitas Anda dalam mempercantik rumah.

Cara Mudah Membuat Rak Buku

Berikut ini adalah 5 cara mudah membuat rak buku sendiri di rumah:

Bacaan Lainnya

Membuat Rak Buku dari Kayu Palet

Kayu palet adalah salah satu bahan yang mudah didapatkan dan bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat rak buku. Anda bisa membeli kayu palet di toko bahan bangunan atau mencarinya secara online. Langkah pertama adalah membersihkan kayu palet dari kotoran dan debu dengan menggunakan sikat atau kain lap.

Anda bisa memotong kayu palet sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Jangan lupa untuk memperhalus permukaan kayu dengan menggunakan amplas agar lebih nyaman saat disentuh. Setelah itu, Anda bisa menyusun kayu palet menjadi rak buku dan mengikatnya dengan paku atau sekrup.

Membuat Rak Buku dari Kardus Bekas

Jika Anda ingin membuat rak buku dengan biaya yang lebih murah, Anda bisa menggunakan kardus bekas sebagai bahan dasar. Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa kardus bekas yang masih dalam kondisi baik. Kemudian, potong kardus menjadi bentuk kotak dengan ukuran yang sama.

Anda bisa menumpuk kardus tersebut sesuai dengan tinggi yang diinginkan dan mengikatnya dengan menggunakan lem atau lakban. Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik, Anda bisa menutupi kardus dengan kertas kado atau kain.

Baca Juga :  Tips Mudah Menghemat Air di Rumah dengan Teknologi Hemat Air

Membuat Rak Buku dari Pipa PVC

Pipa PVC juga bisa dijadikan bahan dasar untuk membuat rak buku yang unik dan menarik. Anda bisa membeli pipa PVC di toko bahan bangunan atau mencarinya secara online. Langkah pertama adalah memotong pipa PVC sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Artikel ini telah terbit di Ayocarirumah com

Anda bisa menyusun pipa PVC menjadi bentuk rak buku dan mengikatnya dengan menggunakan lem atau paku. Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik, Anda bisa mengecat pipa PVC dengan warna yang sesuai dengan selera Anda.

Membuat Rak Buku dari Kayu Serpih

Kayu serpih adalah bahan yang terbuat dari serpihan kayu yang diolah menjadi lembaran tipis. Bahan ini bisa dijadikan alternatif untuk membuat rak buku yang cantik dan mudah dibuat. Langkah pertama adalah menyiapkan lembaran kayu serpih dan memotongnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Anda bisa menyusun lembaran kayu serpih menjadi bentuk rak buku dan mengikatnya dengan menggunakan lem atau paku. Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik, Anda bisa mengecat kayu serpih dengan warna yang sesuai dengan selera Anda.

Membuat Rak Buku dari Bahan Plastik Corrugated

Bahan plastik corrugated merupakan bahan yang terbuat dari lembaran plastik bergelombang. Bahan ini cukup kuat dan tahan air sehingga cocok untuk membuat rak buku di ruangan yang lembab. Langkah pertama adalah menyiapkan lembaran plastik corrugated dan memotongnya sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Setelah itu, Anda bisa menyusun lembaran plastik corrugated menjadi bentuk rak buku dan mengikatnya dengan menggunakan lem atau paku. Untuk memberikan tampilan yang lebih menarik, Anda bisa mengecat plastik corrugated dengan warna yang sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga :  5 Tips Jitu Mencari Rumah Dengan Harga Murah

Kesimpulan

Setelah mengetahui 5 cara mudah membuat rak buku sendiri di rumah, Anda bisa memilih salah satu cara yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Selain dapat menambah kreativitas Anda dalam mempercantik rumah, membuat rak buku sendiri juga bisa menjadi solusi untuk menyimpan buku-buku Anda dengan rapi dan mudah dijangkau. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Pos terkait