7 Ide Desain Taman Vertikal untuk Rumah Kecil

Ayocarirumah.com – Rumah kecil dengan lahan yang terbatas tidak berarti tidak bisa memiliki taman. Faktanya, ada banyak ide desain taman vertikal yang dapat diterapkan di rumah kecil. Selain memberikan kesan alami dan menyegarkan, taman vertikal juga membantu menyaring udara dan menurunkan suhu ruangan.

Ide Desain Taman Vertikal untuk Rumah Kecil

Berikut adalah 7 ide desain taman vertikal yang bisa Anda coba di rumah kecil Anda.

Bacaan Lainnya

1. Taman Vertikal Berbentuk Menara

Taman vertikal berbentuk menara adalah desain yang tepat untuk rumah kecil dengan lahan yang sempit. Dengan menggunakan pot bertingkat, tanaman dapat ditempatkan secara vertikal dan menghemat ruang. Selain itu, taman vertikal berbentuk menara memberikan kesan yang elegan dan artistik di rumah Anda.

2. Taman Vertikal dengan Tanaman Rambat

Jika Anda memiliki tembok kosong yang membutuhkan sentuhan hijau, taman vertikal dengan tanaman rambat bisa menjadi solusinya. Tanaman rambat seperti tanaman krokot atau anggrek dapat dijadikan tanaman hias vertikal yang menawan. Selain itu, tanaman rambat juga dapat membantu menyejukkan ruangan dan meningkatkan kualitas udara.

3. Taman Vertikal dengan Pot Gantung

Taman vertikal dengan pot gantung adalah desain yang sangat fleksibel dan mudah untuk diaplikasikan di rumah kecil. Pot gantung dapat ditempatkan di berbagai tempat, seperti balkon, dinding, atau pintu masuk. Anda dapat memilih berbagai jenis tanaman, mulai dari tanaman merambat hingga tanaman bunga yang indah.

4. Taman Vertikal Indoor

Jika Anda tidak memiliki lahan outdoor yang cukup, taman vertikal indoor bisa menjadi alternatif yang menarik. Taman vertikal indoor dapat ditempatkan di dalam ruangan, seperti di dinding atau di atas meja kerja. Pilihlah tanaman yang cocok untuk tumbuh di dalam ruangan, seperti tanaman kaktus atau tanaman sansevieria.

Baca Juga :  Taman Rumah dengan Tanaman Buah yang Mudah Ditanam dan Dirawat

5. Taman Vertikal dengan Sistem Irigasi Otomatis

Agar tanaman di taman vertikal tetap segar dan hidup, Anda dapat memasang sistem irigasi otomatis. Sistem irigasi otomatis akan memberikan air dan nutrisi yang cukup kepada tanaman secara teratur. Selain itu, sistem irigasi otomatis juga membantu menghemat waktu dan tenaga dalam merawat taman vertikal. Artikel ini bersumber dari Ayokcarirumah com

6. Taman Vertikal dengan Lampu Hias

Taman vertikal dengan lampu hias adalah desain yang menarik untuk diaplikasikan di rumah kecil Anda. Lampu hias dapat memberikan sentuhan estetik dan membuat taman vertikal Anda terlihat lebih hidup di malam hari. Selain itu, lampu hias juga dapat membantu mengurangi stres dan memberikan suasana yang nyaman di rumah.

7 . Taman Vertikal dengan Pohon Mini

Terakhir, ide desain taman vertikal yang bisa Anda coba di rumah kecil adalah dengan menggunakan pohon mini. Pohon mini seperti pohon bonsai atau pohon pelindung kecil bisa menjadi pilihan yang tepat untuk taman vertikal. Selain memberikan sentuhan hijau, pohon mini juga dapat memberikan kesan yang elegan dan menyegarkan di rumah Anda.

Dalam merancang taman vertikal untuk rumah kecil, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama, pastikan Anda memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan atau lokasi tempat taman vertikal akan ditempatkan. Kedua, pastikan taman vertikal Anda memiliki sistem irigasi yang memadai agar tanaman tetap segar dan hidup.

Terakhir, jangan lupa untuk merawat taman vertikal secara teratur. Lakukan pemangkasan atau pergantian pot jika diperlukan, dan pastikan Anda memberikan nutrisi yang cukup kepada tanaman. Dengan merawat taman vertikal secara baik, Anda akan dapat menikmati keindahan dan manfaat yang ditawarkannya.

Baca Juga :  Cat Rumah Papan Kampung

Tabel: Rekomendasi Tanaman untuk Taman Vertikal

[table id=28 /]

Kesimpulan

Taman vertikal adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki rumah kecil dengan lahan yang terbatas. Dengan ide desain taman vertikal yang tepat, Anda dapat memiliki taman yang indah dan menyegarkan di rumah Anda.

Pastikan Anda memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan atau lokasi tempat taman vertikal akan ditempatkan, serta memperhatikan sistem irigasi yang memadai. Selamat mencoba!

Pos terkait