Kisaran Biaya Bangun Konsep Rumah Modern

Rumah-Konsep-Modern

Rumah konsep modern adalah jenis rumah yang semakin populer di kalangan masyarakat urban. Tampilannya yang elegan dan minimalis membuat rumah jenis ini menjadi pilihan banyak orang. Selain itu, rumah konsep modern juga memungkinkan penghuni rumah untuk hidup dengan efisien dan mudah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun, sebelum memutuskan untuk membangun rumah konsep modern, ada baiknya untuk mengetahui kisaran biaya yang dibutuhkan.

Kisaran Biaya Bangun Konsep Rumah Modern

Rumah konsep modern memadukan gaya arsitektur minimalis dengan teknologi canggih. Rumah ini didesain dengan prinsip less is more, yang berarti lebih sedikit elemen yang ada di rumah, semakin baik. Hal ini membuat rumah konsep modern terlihat simpel, namun tetap memperhatikan detail dan fungsi ruangan. Beberapa ciri khas rumah konsep modern antara lain:

Bacaan Lainnya

Desain minimalis

Rumah konsep modern didesain dengan sedikit ornamen dan dekorasi. Pemilihan warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu juga menjadi ciri khas dari rumah jenis ini.

Tampilan clean

Rumah konsep modern memiliki tampilan clean yang terlihat simpel dan rapi. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan bahan material yang minimalis dan mudah dirawat.

Teknologi canggih

Rumah konsep modern menggunakan teknologi canggih seperti sistem tata udara, sistem pemanas air, dan lain sebagainya. Hal ini memungkinkan penghuni rumah untuk hidup lebih nyaman dan efisien. Artikel ini telah tayang di Ayocarirumah.com

Pencahayaan alami

Rumah konsep modern biasanya memiliki banyak jendela besar dan atap terbuka yang memungkinkan pencahayaan alami masuk ke dalam rumah.

Fungsi ruangan yang efisien

Rumah konsep modern didesain dengan memperhatikan fungsi ruangan yang efisien. Setiap ruangan memiliki fungsinya masing-masing dan tidak ada ruangan yang terbuang.

Kisaran Biaya Bangun Rumah Konsep Modern

Kisaran biaya bangun rumah konsep modern sangat bervariasi tergantung dari lokasi, ukuran, bahan material yang digunakan, dan juga kualitas dari bahan material tersebut. Namun, untuk memberikan gambaran yang lebih jelas, berikut adalah kisaran biaya bangun rumah konsep modern dengan luas bangunan 150 m2.

Biaya tanah

Biaya tanah merupakan biaya yang cukup besar dalam membangun sebuah rumah. Harga tanah berbeda-beda tergantung dari lokasi. Untuk kawasan perkotaan, harga tanah bisa mencapai ratusan juta per meter persegi. Sedangkan untuk kawasan pinggiran atau pedesaan, harga tanah lebih terjangkau sekitar puluhan juta per meter persegi.

Baca Juga :  Exhaust Fan: Pengertian, Jenis, dan Cara memilihnya

Biaya desain dan pengawasan

Biaya desain dan pengawasan biasanya berkisar antara 5-10% dari total biaya bangun rumah. Biaya ini digunakan untuk membayar jasa arsitek dan insinyur sipil yang bertanggung jawab dalam membuat desain dan memastikan bahwa bangunan sesuai dengan standar keamanan dan teknis yang berlaku.

Biaya struktur dan pondasi

Biaya struktur dan pondasi juga cukup signifikan dalam membangun rumah konsep modern. Biaya ini mencakup bahan material seperti besi beton, semen, dan batu bata, serta jasa kontraktor yang menangani proses pembangunan struktur dan pondasi.

Biaya atap

Atap menjadi salah satu komponen penting dalam rumah konsep modern karena atap dapat memberikan pengaruh besar pada tampilan rumah secara keseluruhan. Biaya atap tergantung dari jenis atap yang dipilih. Atap metal, genteng beton, dan genteng keramik adalah beberapa pilihan atap yang sering digunakan pada rumah konsep modern.

Biaya dinding

Dinding pada rumah konsep modern biasanya menggunakan bahan yang minimalis seperti batako, bata ringan, atau beton precast. Biaya dinding tergantung dari jenis bahan yang digunakan dan luas dinding yang perlu dibangun.

Biaya lantai

Lantai pada rumah konsep modern biasanya menggunakan bahan keramik atau granit. Biaya lantai tergantung dari jenis bahan yang dipilih dan luas lantai yang perlu dibangun.

Biaya pintu dan jendela

Pintu dan jendela pada rumah konsep modern biasanya menggunakan bahan aluminium atau kaca. Biaya pintu dan jendela tergantung dari jumlah dan jenis yang dibutuhkan.

Biaya instalasi listrik dan air

Biaya instalasi listrik dan air biasanya mencakup pemasangan kabel, stop kontak, lampu, dan pipa air. Biaya ini juga tergantung dari jumlah dan jenis instalasi yang dibutuhkan.

Biaya finishing

Biaya finishing mencakup pemasangan plafon, cat, dan wallpaper. Biaya ini tergantung dari jenis dan kualitas bahan yang dipilih.

Dari kisaran biaya di atas, dapat dihitung bahwa total biaya untuk membangun rumah konsep modern dengan luas bangunan 150 m2 berkisar antara 1,5 miliar hingga 3 miliar, tergantung dari lokasi dan kualitas bahan yang digunakan.

Tips Menghemat Biaya Bangun Rumah Konsep Modern

Untuk menghemat biaya dalam membangun rumah konsep modern, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

Pilihlah lokasi tanah yang terjangkau

Pilihlah lokasi tanah yang terjangkau namun masih memenuhi kriteria yang diinginkan. Misalnya, pilihlah lokasi di pinggiran kota atau pedesaan yang masih terhubung dengan pusat kota.

Baca Juga :  Keunggulan Atap Sirap Sebagai Pilihan Material Atap

Gunakan bahan material yang berkualitas namun terjangkau

Pilihlah bahan material yang berkualitas namun tetap terjangkau seperti batako, bata ringan, atau beton precast. Hindari menggunakan bahan material yang terlalu mahal seperti marmer atau granit.

Buat desain rumah yang simpel namun fungsional

Desainrumah yang simpel namun fungsional dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan banyak detail dan ornamen yang rumit.

Pilihlah kontraktor yang terpercaya dan terampil

Pilihlah kontraktor yang terpercaya dan terampil agar hasil akhir bangunan sesuai dengan yang diharapkan dan tidak memerlukan banyak perbaikan atau renovasi.

Manfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitar rumah

Manfaatkan sumber daya alam seperti sinar matahari atau angin untuk menghemat biaya listrik. Gunakan juga bahan material yang dapat didapatkan di sekitar rumah seperti kayu atau bambu.

Buat perencanaan yang matang sebelum memulai pembangunan

Buatlah perencanaan yang matang sebelum memulai pembangunan agar tidak terjadi perubahan desain atau perubahan bahan material yang dapat menambah biaya.

Hindari membeli barang-barang yang tidak diperlukan

Hindari membeli barang-barang yang tidak diperlukan seperti perabotan atau ornamen yang tidak sesuai dengan desain rumah atau tidak penting untuk kebutuhan sehari-hari.

Kesimpulan

Membangun rumah konsep modern memerlukan biaya yang cukup besar tergantung dari luas bangunan dan kualitas bahan material yang digunakan. Namun, dengan memperhatikan beberapa tips menghemat biaya, pembangunan rumah konsep modern dapat dilakukan dengan lebih efisien dan hemat.

Sebagai calon pemilik rumah, perlu melakukan perencanaan yang matang dan memilih kontraktor yang terpercaya untuk memastikan pembangunan rumah konsep modern yang sesuai dengan keinginan dan budget yang tersedia. Selamat membangun rumah impian Anda!

Pos terkait