5 Cara Mudah Membuat Gorden Sendiri di Rumah

Ayocarirumah.com – Gorden adalah salah satu elemen penting dalam dekorasi rumah yang dapat mempengaruhi tampilan sebuah ruangan. Memasang gorden di jendela dapat memberikan keuntungan, antara lain mengontrol cahaya yang masuk, menjaga privasi, serta memberikan sentuhan estetika pada ruangan.

Cara Mudah Membuat Gorden Sendiri di Rumah

Namun, membeli gorden dengan kualitas baik dan sesuai dengan keinginan tentunya memerlukan biaya yang cukup mahal. Oleh karena itu, membuat gorden sendiri di rumah bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis dan dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Berikut ini adalah 5 cara mudah membuat gorden sendiri di rumah:

1. Pilih kain yang sesuai

Langkah pertama dalam membuat gorden adalah memilih kain yang sesuai dengan kebutuhan dan selera. Pilih kain yang cukup lebar untuk menutupi jendela secara menyeluruh, namun juga cukup tipis agar masih dapat memasukkan cahaya. Pastikan juga kain yang dipilih mudah dibersihkan dan tidak mudah pudar.

2. Ukur jendela

Setelah memilih kain yang sesuai, ukur jendela yang akan dipasangi gorden dengan teliti. Pastikan ukuran kain yang dipotong sesuai dengan ukuran jendela agar hasilnya maksimal.

3. Potong kain

Setelah mengukur kain, potong kain dengan hati-hati sesuai dengan ukuran jendela yang sudah diukur. Pastikan potongan kain lurus dan simetris agar hasil akhir terlihat rapi. Artikel ini bersumber dari Ayokcarirumah com

4. Jahit kain

Setelah memotong kain, jahit kain dengan mesin jahit atau tangan. Pastikan jahitan rapi dan kuat agar gorden dapat digunakan dalam waktu yang lama. Tambahkan juga lubang pada bagian atas kain untuk memasang kait gorden.

5. Pasang gorden

Setelah selesai menjahit, pasang gorden pada jendela dengan menggunakan kait gorden. Pastikan gorden tergantung lurus dan tidak miring agar tampilannya terlihat rapi.

Baca Juga :  Tips Menata Ruang Tamu dengan Mudah

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, membuat gorden sendiri di rumah menjadi lebih mudah dan ekonomis. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan desain dan warna gorden sesuai dengan tema dan warna ruangan.

Tabel. Daftar bahan yang dibutuhkan

[table id=29 /]

Kesimpulan

Membuat gorden sendiri di rumah bukanlah hal yang sulit dan mahal. Anda dapat menghemat biaya dengan membuat gorden sendiri sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat gorden sendiri dengan mudah dan memperoleh hasil yang maksimal. Anda juga dapat menyesuaikan desain dan warna gorden dengan tema dan warna ruangan sehingga dapat memberikan sentuhan estetika yang lebih pada rumah Anda.

Dalam membuat gorden sendiri, pilihlah kain yang sesuai dengan kebutuhan dan selera, ukur jendela dengan teliti, potong kain dengan hati-hati, jahit kain dengan rapi, dan pasang gorden dengan kait gorden. Dengan melakukan semua langkah tersebut, Anda akan mendapatkan gorden yang cantik, rapi, dan berkualitas.

Selamat mencoba membuat gorden sendiri di rumah!

Pos terkait