Menjadi Pebisnis maupun Investor Properti

Tips Menjadi Pebisnis dan Investor Properti

Bisnis properti memiliki peluang yang besar serta menggiurkan jika berbicara mengenai keuntungan yang diperoleh. Sektor usaha ini adalah sektor yang paling bersinar dan sangatlah potensial termasuk bagi pemula. Maka tidak jarang tips sukses menjadi pebisnis maupun investor properti merupakan hal yang banyak dicari.

Banyak yang beranggapan keuntungan di dunia ini hanya sebatas masalah keuntungan ketika berhasil menjual properti. Namun kenyataannya lebih luas dari pada itu dan Saya sudah merasakan berbagai manfaat ketika terjun ke dalamnya di dunia properti ini.

Bacaan Lainnya

Keuntungan Bisnis Properti

Untuk Anda yang bertanya-tanya apa saja keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ini maka jangan khawatir. Ayocarirumah.com akan menjabarkan perihal keuntungan dari bisnis ini dalam tiga poin penting.

Nilai jual selalu naik

Keuntungan yang akan Anda rasakan yaitu nilai jual cenderung naik. Harga yang cenderung mengalami kenaikan dikarenakan kebutuhan serta suplai terkadang tidak seimbang dibandingkan ketersediaan lahan. Properti merupakan aset yang tidak tergerus inflasi dikarenakan tidak berbentuk uang.

Bisa dijadikan aset

Menurut pengalaman Saya ketika menjalankan bisnis ini, Anda tidak perlu khawatir jika harganya jatuh. Jatuhnya harga tentu diikuti oleh permintaan pasar yang tergolong besar. Sehingga harga kembali normal dan akan bermanfaat ketika dijadikan sebuah aset masa depan.

Bahkan ketika Anda membeli properti pertama meskipun hal itu dapat dijadikan suatu aset serta instrumen dari investasi yang menjanjikan.

Risiko kerugian rendah

Properti diklaim sebagai suatu aset yang mempunyai kerugian rendah dikarenakan harganya cenderung stabil jika dibandingkan instrumen dari investasi lain.

Keuntungan yang disebutkan barusan tentu saja akan Anda rasakan jika sudah totalitas terjun ke dunia properti seperti Saya tentunya dan imbangi dengan kemampuan melihat peluang secara tepat.

Cara Memulai Bisnis Properti

Modal cukup

Saat terjun ke dunia bisnis properti dan memutuskan menggunakan properti milik orang lain bukan diri sendiri tentu saja modal yang diperlukan tidaklah sedikit. Maka persiapkan budget yang cukup serta sesuaikan pada model bisnis yang akan dilakukan.

Contoh mudahnya ketika Anda akan menjalankan usaha apartemen maka persiapkan biaya untuk membeli, merawat, dan mempromosikannya.

Lakukan riset pasar

Lakukan riset pasar

Lakukanlah riset pasar supaya Anda bisa mengetahui berbagai jenis properti yang diinginkan oleh konsumen. Lakukan klasifikasi berdasarkan lokasi properti, fasilitas infrastruktur, dan harga karena akan sangat berpengaruh pada transaksi.

Ikut pelatihan

Sebagai pemula tentunya Anda terbatas dalam hal itu terkait properti, maka Anda persiapkan dengan bekal ilmu mumpuni.

Pelatihan yang bisa diikuti seperti pelatihan, kelas online, dan lainnya. Bekali diri Anda dengan aturan serta hukum yang berlaku.

Mulai berbisnis

Menurut pengalaman Saya dan juga sebagai tips sukses menjadi pebisnis maupun menjadi investor properti, ketika Anda sudah mempunyai cukup modal sebagai agen properti maka segera mulai untuk membangun bisnis tersebut.

Berangkat dari modal yang diperoleh, Anda dapat langsung berbisnis dengan berdasar pada hasil riset yang telah dilakukan.

Sebagai langkah awal Anda dapat memulai dengan bisnis kos-kosan, sewa apartemen, dan rumah kontrakan.

Memaksimalkan kualitas

Sebenarnya apa pun bisnis yang Anda jalankan, wajib memperhatikan perihal kualitas produk tersebut. Jangan lupa menginvestasikan sebagian biaya guna membuat apartemen ataupun hunian jadi layak huni.

Baca Juga :  Interior yang Wajib Ada untuk Rumah Mewah

Poin penting dari Saya yaitu pastikan jika properti yang Anda tawarkan mempunyai keunggulan berupa fasilitas, lokasi strategis, dan lainnya.

Bangun reputasi

Di era yang serba digital seperti saat ini salah satu citra perusahaan dilihat dari tampilan websitenya. Anda dapat membuat website dengan melibatkan kolega ataupun teman yang memang ahli dibidangnya.

Bila Anda tidak ingin mengeluarkan uang terlalu besar maka bisa membuat website sendiri dengan mengikuti tutorial pembuatannya mulai dari nol.

Jangan lupa juga untuk mempercantik tampilan website dengan penambahan artikel, tagline, dan logo. Anda juga bisa mengatur penempatan properti pada bagian beranda maupun terpisah di beberapa sub.

Supaya semakin menarik minat calon konsumen tambahkan pula foto high resolution, lengkapi dengan deskripsi seperti harga dan lokasinya supaya konsumen mudah membacanya. Buat tampilan website user friendly jadi mudah dibaca baik itu melalui mobile ataupun desktop.

Gunakan media dengan tepat

Tips sukses menjadi pebisnis maupun menjadi investor properti yang sudah terbukti ampuh bagi saya terutama jika ingin sukses dalam pemasaran online yaitu pilih media pemasaran dengan tepat.

Saat ini sudah tersedia situs properti yang bisa dimanfaatkan maupun media pemasaran lain semacam Facebook. Di sana tersedia grup properti yang bisa Anda manfaatkan untuk pemasaran serta menambah jejaring.

Jangan lupa memakai kalimat persuasif supaya konsumen tertarik dan jangan lupa sertakan video dan foto.

Tips Memulai Langkah Menjadi Pebisnis Properti

Perluas networking

Setelah mengikuti pelatihan maka langkah selanjutnya Anda dapat memperluas jaringan kerja dengan beberapa orang penting lainnya pada bidang ini.

Hal ini tentunya bisa membuat Anda meningkatkan kemampuan komunikasi dan berbisnis, untuk tujuan agar dapat menjual rumah serta memasarkannya dengan baik.

Kolaborasi serta menjadi agen properti

Saat sudah memiliki skill yang memadai maka Anda bisa berkolaborasi pada marketplace khusus properti.

Melalui marketplace tadi tentu konsumen menjadi mudah dalam mencari properti impian dan Anda sebagai agen akan mudah dalam memasarkan produk.

Tips Menjadi Investor Properti

Perlu untuk Anda pahami jika dunia properti ini sangatlah kompleks. Untuk Anda yang tidak ingin berkarir sebagai agen properti namun investor properti juga sangat bisa.

Menurut pandangan Ayocarirumah.com ketika Anda memutuskan menjadi investor perlu kejelian ketika memilih properti. Kejelian tadi diperlukan agar Anda bisa memperoleh properti secara tepat sehingga dapat memberikan arus kas positif.

Tidak hanya jeli namun Anda juga harus pintar dalam menilai properti dan keahlian tersebut bisa diperoleh dengan belajar.

Sebagai seorang investor properti tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan sebagai berikut.

Pastikan sudah menghasilkan uang ketika membeli

Hal ini erat kaitannya dengan keterampilan di dalam menilai suatu properti. Investor hendaknya mengetahui jika harga pada suatu properti itu menguntungkan atau malah kemahalan. Keahlian ini dapat muncul akibat penguasaan investor pada area tertentu.

Sebagai contoh saat harga di pasaran suatu properti yaitu 1,3 Miliar tentunya Anda sudah berhasil mendapatkan uang ketika berhasil membeli properti tadi dengan harga 1 Miliar. Tentunya dengan harga pasar 1,3 Miliar tadi dan dijual cepat harga 1,2 Miliar maka investor sudah berhasil memperoleh keuntungan.

Membeli dari penjual yang memang ingin menjual propertinya

Tentunya Anda akan menemukan banyak properti yang diberikan tanda akan dijual, namun sebenarnya pemilik tidak terlalu ingin menjualnya. Ini memiliki pengertian jika sang pemilik tidak terlalu butuh untuk laku cepat.

Baca Juga :  Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter

Hal ini sering terjadi ketika pemilik sekedar menjelaskan soal harga jual propertinya nanti. Saat Anda menemukan kondisi tersebut, maka Saya sarankan untuk mencari properti lain. Hal ini karena pemilik tidak melayani tawar menawar perihal harga dan cenderung harga yang ditawarkan lebih tinggi.

Senangi transaksinya, bukan propertinya

Perlu Anda ingat yaitu investor hanya berpegang teguh pada prinsip untuk menilai apakah properti tadi menghasilkan arus positif atau tidak.

Mau sebagus apa pun propertinya akan tetapi tidak dapat menghasilkan suatu arus kas positif maka Anda tidak perlu menjadikannya properti investasi. Namun hal berbeda ketika Anda menginginkannya menjadi tempat tinggal.

Handshake deal properti

Jangan pernah menyebutkan terlebih dahulu angka penawaran

Tips sukses menjadi pebisnis maupun menjadi investor properti selalu diingat bahwa pihak yang kalah yaitu yang menyebutkan angka terlebih dahulu.

Pastikan supaya penjual menyebutkan angka terlebih dahulu baru setelah itu Anda lakukan penawaran. Hal ini karena jika Anda mengajukan angka terlebih dahulu bisa jadi harga tersebut lebih tinggi dibandingkan keinginan penjual.

Jangan ikut-ikutan

Properti dipengaruhi kondisi makro ekonomi dan juga properti memiliki siklusnya sendiri. Jadi tidak selamanya Anda memperoleh waktu yang bagus guna melakukan investasi di bidang ini. Tentunya diperlukan suatu daya tahan kuat supaya dapat bertahan menjadi seorang investor properti.

Walaupun usaha bidang properti menjanjikan keuntungan besar namun tidak selamanya sukses. Orang yang hanya ikut-ikutan saja di dalam investasi ini akan cepat menyerah ketika menemukan kondisi tersebut.

Hal berbeda jika Anda memang mencintai dunia ini. Kerugian yang dialami nyatanya tidak membuat Anda gentar untuk terus berkiprah dalam dunia investor properti.

Jarang-jaranglah dalam menjual properti

Tentunya ketika Anda menjadi seorang investor tentunya harus bisa menahan properti selama mungkin. Hal itu menjadi sifat properti karena harganya menjadi selalu naik terlebih ketika ditahan dalam kurun waktu sepuluh tahun lebih.

Bisa jadi properti awal yang Anda beli seharga 800 juta dan sepuluh tahun kemudian harganya mencapai 4,5 Miliar. Namun tentu saja properti dalam waktu 10 tahun memerlukan perawatan yang tidak sedikit maka pertimbangkan pula hal itu.

Transaksi terbaik di sepanjang dasawarsa yaitu seminggu sekali

Berbicara mengenai data pasti soal transaksi yang bagus sebenarnya tidak ada data pastinya. Tentunya orang mempunyai sudut pandang berbeda pada suatu transaksi. Transaksi yang bagus tidak akan Anda peroleh jika tidak mengusahakannya.

Saat Anda terus berusaha untuk mencari dan mencari tentunya akan menemukan berbagai hal yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Jadi intinya Anda harus terus berusaha jangan pernah berhenti berusaha supaya peluang mendapatkan yang diinginkan bisa terpenuhi.

Sebenarnya berbicara mengenai dunia properti tidak sesederhana seperti yang ada di pikiran Anda sekedar menjual saja.

Tentunya ada banyak bekal ilmu yang harus Anda pahami salah satunya mengenai dokumen penjualan. Dokumen ini penting untuk diperhatikan supaya Anda bisa menjadi agen ataupun investor yang benar-benar handal.

Tentunya dengan mempraktikkan tips sukses menjadi pebisnis maupun menjadi investor properti yang sudah disebutkan di atas, Anda juga harus rajin untuk terus melihat peluang yang ada.

Baca Juga :  Cara Mengubah Teras Belakang Menjadi Ruang Santai dengan Mudah

Jeli dalam melihat peluang dan potensi dari properti yang akan ditawarkan merupakan suatu keahlian yang wajib untuk dimiliki.

Jika ditanya manakah yang lebih baik apakah agen properti atau investor properti? Maka menurut Saya keduanya sama baiknya.

Namun jika Anda tidak memiliki modal maka Saya sarankan menjadi agen properti terlebih dahulu. Menjadi agen tetap bisa berkecimpung dalam dunia properti walaupun tidak memiliki modal yang besar dibandingkan menjadi seorang investor properti tentunya.

Pos terkait