Cara Berbisnis Properti

Cara Berbisnis Properti

Peluang bisnis properti tergolong menjanjikan secara jangka panjang. Tidak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mengetahui cara berbisnis properti sekaligus terjun di dunia bisnis properti. Selain peluang keuntungannya yang besar, bisnis properti juga cocok untuk berbagai kalangan.

Bisnis properti dapat dilakukan oleh semua kalangan, apa pun latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja Anda yang penting Anda tahu cara berbisnis properti. Jika Anda masih bingung harus memulai dari mana, berikut beberapa tips dan cara berbisnis di sektor properti yang bisa Anda lakukan.

Bacaan Lainnya

Cara Menjalankan Bisnis Properti

Lakukan research terlebih dahulu

Setiap menjalankan bisnis apa pun jenisnya, sebaiknya dimulai dengan research atau penelitian terlebih dahulu. Anda bisa melakukan riset pasar mengenai harga properti terkini untuk memastikan Anda membeli properti dengan harga yang masuk akal. Jangan terburu-buru membeli properti sebelum Anda menentukan harganya yang pas untuk bisa dipasarkan kembali dengan keuntungan yang maksimal.

Selain riset harga, lakukan survei untuk mengetahui semua informasi dari properti yang akan dibeli. Misalnya lokasi properti, kebutuhan pasar terkini, sarana dan prasarana, serta faktor eksternal yang akan berdampak pada nilai properti tersebut. Beberapa faktor luar yang bisa mempengaruhi nilai properti antara lain lokasi di dekat jalan raya, berada di kawasan industri, daerah rawan banjir, daerah rawan longsor, dan lain sebagainya.

Cari penjual di sekitar tempat tinggal

Bagi Anda yang masih pemula dalam menjalankan bisnis properti, Anda dapat memulainya dengan mencari properti di sekitar lingkungan tempat tinggal. Cari informasi mengenai properti mana saja yang akan dijual oleh pemiliknya.

Anda juga bisa melakukan riset langsung dengan berkeliling kota untuk melihat properti yang potensial untuk dijadikan listing pertama bagi bisnis Anda. Jika Anda menemukan properti yang akan dijual, pastikan untuk mencatat nomor telepon yang tertera yang bisa dihubungi.

Lebih baik lagi jika nomor yang digunakan adalah nomor telepon pemilik properti langsung. Dengan menghubungi pemilik properti langsung, maka Anda tidak perlu perantara yang bisa mengurangi keuntungan yang Anda dapat.

Cari calon penjual dari lingkungan pertemanan

Selain lingkungan tempat tinggal, Anda bisa mencari properti potensial melalui teman dan ini merupakan salah satu cara berbisnis properti. Anda bisa mencari informasi dari lingkungan pertemanan untuk mendapatkan informasi properti yang sedang ditawarkan untuk dijual. Sebaiknya tidak menanyakan informasi tersebut melalui sambungan telepon.

Anda bisa mengajak bertemu langsung dengan menawarkan makan bareng atau nongkrong bareng untuk membahas properti. Buat suasana yang nyaman dan mengalir seperti Anda sedang hangout biasa tanpa langsung ke tujuan Anda mencari informasi properti dari mereka.

Selanjutnya Anda bisa mulai memberitahukan kepada jaringan teman Anda bahwa sedang berbisnis properti. Biasanya teman-teman dekat akan memberikan informasi yang terbaru jika ada properti yang akan dijual. Selain itu, mereka mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda memperoleh properti dari orang lain. – Ayocarirumah.com

Ambil peluang yang potensial

Ketika anda menjalankan cara berbisnis properti ini, memang harus bisa bekerja cermat dan cepat. Jika Anda sudah menemukan properti yang potensial di lokasi yang tepat, Saya sarankan untuk Anda segera ambil tindakan. Semakin cepat Anda bergerak akan semakin dekat dengan peluang keuntungannya.

Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Kenalkan diri Anda sebagai agen properti dari perusahaan mana atau jika Anda bekerja sendiri, bisa perkenalkan profesi Anda ini. Lakukan dengan ramah-tamah untuk menarik hati mereka agar mau memberikan properti dengan nilai yang Anda targetkan.

Rajin memasarkan listing

Setelah Anda memiliki properti yang akan dijual atau disewa, maka Anda perlu melakukan promosi. Jangan malas untuk memasarkan properti atau listing yang sudah Anda miliki. Promosikan melalui platform digital seperti media sosial, website, atau media iklan lainnya yang efektif untuk Anda menawarkan properti.

Selain melalui media, Anda juga bisa memasarkan properti secara langsung di lingkungan sekitar. Anda dapat menawarkan ke tetangga, teman, saudara, atau rekan kerja dan kenalan untuk properti yang Anda miliki.

Apabila Anda sudah memiliki calon pembeli tetapi properti yang diinginkan hanya untuk properti tertentu, Anda bisa membujuknya dengan menawarkan properti Anda sebagai alternatif. Beri tahu calon pembeli Anda mengenai keunggulan dari properti atau listing Anda dibandingkan jenis properti yang mereka inginkan.

Jika Anda bisa memberikan informasi yang solutif, sangat mungkin untuk calon pembeli Anda menjadi tertarik dan mau melakukan transaksi.

Buat target

Ketika cara berbisnis properti Anda sudah berjalan dan semakin banyak ilmu serta pengalaman yang Anda miliki, sangat wajar jika Anda ingin naik level. Anda mungkin berkeinginan untuk membangun kantor properti sendiri setelah bertahun-tahun menjadi agen properti.

Jika Anda memiliki target untuk memiliki kantor sendiri, siapkan diri dengan target penjualan bulanan yang dapat mewujudkan mimpi tersebut. Buat target yang realistis dan membuat Anda lebih bersemangat dalam memasarkan properti.

Setiap mendapatkan keuntungan, Anda sisihkan untuk modal membangun kantor properti yang Anda impikan. Hal ini bisa menjadi langkah yang bagus untuk perkembangan bisnis properti Anda. Pasalnya, citra brand properti Anda akan lebih disegani jika memiliki kantor agen properti sendiri.

Bangun jejaring relasi seluas-luasnya

Bangun jejaring relasi seluas-luasnya

Pada intinya, berbisnis properti membutuhkan promosi dan relasi. Semakin banyak relasi yang Anda miliki akan semakin bagus untuk bisnis. Bangun jejaring relasi Anda dari berbagai kalangan, baik itu developer, agen, atau bahkan pebisnis properti yang sama seperti Anda.

Memiliki jaringan yang luas dan banyak tidak hanya membuat Anda semakin dikenal, tetapi juga membantu Anda untuk mendapatkan informasi seputar properti. Selain itu, langkah ini juga penting sebagai cara berbisnis properti untuk meningkatkan peluang kerja sama.

Cari mitra yang tepat

Apabila Anda sudah memiliki jaringan relasi yang kuat dari berbagai kalangan, Anda akan lebih paham dengan berbagai karakteristik orang. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis properti, Anda bisa lebih paham mana pihak yang bagus dan tepat untuk dijadikan mitra bisnis.

Dalam cara berbisnis properti, Anda juga bisa bekerja sama dengan agen properti lain untuk memasarkan properti tertentu. Cara ini akan membuat Anda mendapatkan lebih banyak listing properti dan Anda juga berhak untuk memasarkannya. Peluang keuntungan yang bisa Anda peroleh tentu semakin besar dengan kerja sama ini.

Bekerja sama dengan developer

Selain menjadi agen properti untuk jenis secondary property, Anda juga bisa melebarkan sayap bisnis dengan bisnis primary property. Caranya dengan mencari developer yang bisa diajak kerja sama. Anda akan bekerja untuk memasarkan properti-properti mereka ke calon konsumen.

Meski sudah bergabung dengan developer, Anda tetap bisa memasarkan listing properti Anda sendiri untuk item secondary. Ini tentunya akan sangat menguntungkan apabila Anda bisa menjalankannya secara bersamaan.

Baca Juga :  24 Contoh Bisnis Properti, yang Bisa di Coba !

Memiliki sifat jujur

Bisnis properti sangat erat kaitannya dengan konsumen dan pemasaran. Oleh sebab itu, kepercayaan konsumen sangat penting bagi keberlangsungan cara berbisnis properti Anda. Cara mendapatkan kepercayaan konsumen yaitu dengan bersifat jujur.

Anda mungkin perlu untuk menawarkan ke konsumen dengan keunggulan propertinya agar mereka tertarik. Namun, jangan lupa untuk memberikan informasi yang jujur bagi konsumen agar mereka tidak kecewa. Jika properti Anda memiliki nilai minus, Anda bisa menutupinya dengan kelebihan yang ada di properti tersebut dan biarkan konsumen yang mempertimbangkannya sendiri.

Ketika Anda sudah dikenal sebagai agen properti yang jujur, akan lebih mudah untuk memikat hati calon pembeli. Selain itu, kejujuran ini menjadi cara berbisnis properti yang akan meningkatkan reputasi atau citra Anda di mata konsumen. Hal ini akan memudahkan bisnis Anda berjalan lancar ke depannya.

Peluang Bisnis Properti

Kebanyakan orang mungkin mengira bahwa cara berbisnis properti adalah bisnis dengan modal yang besar. Padahal, tidak semua bisnis properti memerlukan modal besar karena peluang bisnis ini sangat beragam. Berikut beberapa peluang bisnis properti yang mungkin menarik untuk Anda coba.

Menjadi makelar properti

Makelar properti tidak membutuhkan modal besar karena Anda hanya mengiklankan atau memasarkan properti milik orang lain. Anda bisa mencari orang yang akan menjual properti untuk kerja sama dengan komisi tertentu.

Setelah kesepakatan dengan pemilik properti beres, Anda bisa mulai memasarkan properti ke calon konsumen. Gunakan internet untuk promosi properti Anda atau bisa juga menggunakan media masa seperti koran, banner, dan sejenisnya. Cara ini bisa menjadi langkah awal untuk Anda menjadi agen properti.

Sewa properti

Bisnis properti tidak melulu soal jual-beli bangunan saja, tetapi bisa juga sewa-menyewa properti. Apabila Anda memiliki properti yang tidak digunakan seperti apartemen atau rumah tapak, Anda bisa menjadikannya sebagai sumber passive income dengan menyewakan properti tersebut.

Anda dapat membuka penginapan, homestay, rumah kontrakan, sewa apartemen, dan sejenisnya dengan perjanjian sewa untuk jangka waktu tertentu. Saya sarankan untuk Anda menerima sewa dimuka untuk menghindari potensi gagal bayar sewa ketika masa sewa masih berjalan.

Menjadi agen properti pada kantor real estate

Menjadi agen properti pada kantor real estate

Anda bisa bekerja dengan kantor properti tertentu sebagai agen untuk memasarkan listing mereka. Ketika berhasil menjual properti, Anda akan mendapatkan komisi sesuai kesepakatan yang sudah dibuat.

Menjadi agen properti dari perusahaan real estate mungkin lebih mudah dibanding agen properti independen. Hal ini karena Anda akan mendapatkan dukungan dari perusahaan untuk promosi, baik melalui media online maupun offline. Selain itu, agen properti juga mendapatkan pendapatan tetap berupa biaya transportasi dan konsumsi.

Developer properti

Bagi Anda yang memiliki modal besar dan pengetahuan yang lebih banyak mengenai manajemen perusahaan real estate, ada kesempatan untuk menjadi seorang developer properti. Menjadi developer memang butuh kesiapan yang matang.

Anda perlu kemampuan untuk menganalisis lahan-lahan kosong yang bagus dan potensial untuk dijadikan kawasan perumahan atau residensial. Memahami dengan benar desain dan tata letak bangunan properti yang diinginkan konsumen. Menjadi developer juga membutuhkan keahlian teknikal mengenai konstruksi bangunan.

Selain itu, Anda juga harus mengerti tentang regulasi dalam membangun properti secara legalitas hukum. Hal ini biasanya terkait syarat izin membangun kawasan perumahan, izin lingkungan, dan lain sebagainya yang harus dipenuhi oleh developer. Perhatikan regulasi tersebut dengan benar dan jangan sampai proyek Anda terhambat karena ada persyaratan yang tidak terpenuhi.

Baca Juga :  Apakah Harga Properti Selalu Naik?

Itulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui mengenai cara berbisnis properti. Bisnis yang tidak pernah mati ini bisa menjadi peluang menjanjikan asalkan Anda paham strateginya. Silahkan baca artikel Ayocarirumah.com berikutnya !

Pos terkait