5 Cara Mudah Memasang Wallpaper di Rumah

Ayocarirumah.com – Memasang wallpaper bisa menjadi alternatif untuk memberikan sentuhan baru pada dinding rumah. Dibandingkan dengan mengecat dinding, memasang wallpaper dinilai lebih praktis dan mudah dilakukan. Namun, bagi yang belum terbiasa, memasang wallpaper bisa menjadi pekerjaan yang membingungkan.

Cara Mudah Memasang Wallpaper di Rumah

Berikut adalah 5 cara mudah memasang wallpaper di rumah:

Bacaan Lainnya

1. Persiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memasang wallpaper, pastikan kamu telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang perlu disiapkan antara lain:

  • Pensil
  • Gunting
  • Roller untuk menekan wallpaper
  • Busa untuk menyebar lem wallpaper
  • Spidol
  • Waterpass

Sedangkan bahan-bahan yang perlu disiapkan antara lain:

  • Wallpaper
  • Lem wallpaper
  • Plastik pembungkus untuk melindungi lantai dari lem yang tumpah
  • Air bersih

2. Pastikan Dinding Dalam Kondisi Bersih dan Rata

Sebelum memasang wallpaper, pastikan dinding dalam kondisi bersih dan rata. Bersihkan dinding dari debu dan kotoran yang menempel menggunakan kain lembab. Pastikan juga dinding tidak memiliki permukaan yang kasar atau bergelombang. Jika dinding tidak rata, kamu dapat menambalnya terlebih dahulu menggunakan semen atau plesteran.

3. Ukur Luas Dinding dan Potong Wallpaper Sesuai Ukuran

Ukur luas dinding yang ingin kamu pasangi wallpaper. Pastikan kamu membeli wallpaper dengan jumlah yang cukup untuk menutupi seluruh dinding. Potong wallpaper sesuai dengan ukuran dinding yang ingin kamu pasangi wallpaper. Jangan lupa untuk meninggalkan sedikit ruang di bagian atas dan bawah wallpaper untuk memudahkan kamu dalam penempelan.

4. Pasang Wallpaper dengan Benar

Mulailah memasang wallpaper dari sudut dinding yang paling jauh dari pintu masuk. Oleskan lem wallpaper pada bagian belakang wallpaper dengan menggunakan busa. Tempelkan wallpaper pada dinding dan perlahan-lahan tekan menggunakan roller agar tidak ada gelembung udara yang tertinggal di dalamnya. Ulangi proses ini hingga seluruh dinding terpasang wallpaper. Artikel ini bersumber dari Ayokcarirumah com

Baca Juga :  Inspirasi Desain Kamar Mandi Kecil yang Mudah Diterapkan di Rumah

5. Rapikan Wallpaper

Setelah seluruh dinding terpasang wallpaper, rapikan dengan menggunakan spidol pada bagian tepi wallpaper. Jangan lupa untuk membersihkan lem yang tumpah pada lantai dan menggunakan plastik pembungkus untuk melindungi lantai dari lem yang tumpah.

Itulah 5 cara mudah memasang wallpaper di rumah. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memasang wallpaper di rumah. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Dalam memasang wallpaper di rumah, dibutuhkan beberapa persiapan dan tahapan yang perlu diperhatikan agar hasilnya memuaskan. Sebelum memasang wallpaper, pastikan kamu telah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti lem wallpaper, roller, dan busa. Pastikan juga dinding dalam kondisi bersih dan rata sehingga wallpaper dapat menempel dengan baik. Selain itu, pastikan kamu mengukur luas dinding dan memotong wallpaper sesuai ukuran.

Ketika memasang wallpaper, mulailah dari sudut dinding yang paling jauh dari pintu masuk dan tempelkan wallpaper secara perlahan-lahan sambil menekannya menggunakan roller agar tidak ada gelembung udara yang tertinggal di dalamnya. Setelah seluruh dinding terpasang wallpaper, rapikan dengan menggunakan spidol pada bagian tepi wallpaper.

Memasang wallpaper dapat memberikan sentuhan baru pada dinding rumah tanpa perlu melakukan pekerjaan mengecat yang rumit dan berantakan. Dengan mengikuti 5 cara mudah memasang wallpaper di rumah ini, kamu dapat mempercantik tampilan rumahmu dengan mudah dan praktis.

Namun, perlu diingat bahwa memasang wallpaper juga memiliki risiko, seperti lem yang tumpah dan wallpaper yang rusak saat dipasang. Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan pekerjaan ini dengan hati-hati dan teliti, serta siap dengan risiko yang mungkin terjadi.

Demikianlah artikel tentang 5 Cara Mudah Memasang Wallpaper di Rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin memasang wallpaper di rumah. Terima kasih telah membaca.

Pos terkait