10 Cara Mudah Membersihkan Lantai Keramik di Rumah

Lantai keramik menjadi pilihan yang tepat bagi rumah-rumah modern karena tampilannya yang elegan dan mudah dirawat. Namun, walaupun mudah dirawat, lantai keramik tetap memerlukan perawatan rutin untuk menjaga tampilannya yang bersih dan menarik. Artikel ini akan memberikan sepuluh cara mudah untuk membersihkan lantai keramik di rumah.

1. Bersihkan Debu dan Kotoran Ringan Secara Berkala

Cara paling mudah untuk menjaga lantai keramik tetap bersih adalah dengan membersihkan debu dan kotoran ringan secara rutin. Anda dapat menggunakan sapu atau alat penghisap debu untuk membersihkan lantai setiap hari. Membersihkan debu dan kotoran ringan secara rutin dapat mencegah debu dan kotoran menumpuk dan sulit dihilangkan di kemudian hari.

Bacaan Lainnya

2. Gunakan Pembersih yang Tepat

Pembersih yang tepat dapat membantu membersihkan lantai keramik dengan lebih efektif. Pilihlah pembersih yang sesuai dengan jenis lantai keramik Anda. Jangan menggunakan pembersih yang terlalu keras atau abrasif karena dapat merusak permukaan lantai keramik. Anda juga dapat menggunakan pembersih alami seperti cuka atau baking soda untuk membersihkan lantai keramik.

3. Gunakan Sabun Lembut untuk Noda yang Membandel

Jika lantai keramik Anda terkena noda yang membandel seperti noda minyak atau cairan yang lengket, gunakan sabun lembut untuk membersihkannya. Cukup campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air hangat dan gunakan spons atau kain untuk membersihkan noda tersebut.

4. Gunakan Mesin Pembersih Lantai

Jika Anda memiliki anggaran yang cukup, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli mesin pembersih lantai. Mesin pembersih lantai dapat membersihkan lantai keramik dengan lebih efektif dan dapat menghemat waktu dan tenaga Anda. Pastikan untuk memilih mesin pembersih lantai yang sesuai dengan jenis lantai keramik Anda dan ikuti petunjuk penggunaannya dengan baik.

Baca Juga :  Tips Memperbaiki Pintu Rusak dengan Mudah dan Murah di Rumah

5. Gunakan Steam Mop

Steam mop adalah alat pembersih yang dapat membersihkan lantai keramik dengan menggunakan uap panas. Steam mop dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di lantai keramik, sehingga membuat lantai menjadi lebih bersih dan higienis. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan steam mop pada lantai keramik yang terlalu panas atau retak.

6. Cuci Lantai dengan Air dan Pembersih Secara Rutin

Cuci lantai dengan air dan pembersih secara rutin dapat membantu menjaga kebersihan lantai keramik. Gunakan air dan pembersih yang sesuai dengan jenis lantai keramik Anda dan jangan terlalu sering menggosok lantai dengan kuat karena dapat merusak permukaan lantai keramik.

7. Jangan Menggunakan Sikat Berbulu Kasar

Sikat berbulu kasar dapat merusak permukaan lantai keramik, terutama jika lantai keramik tersebut memiliki pola atau motif yang halus. Gunakan sikat dengan bulu yang lebih halus atau spons untuk membersihkan lantai keramik.

8. Hindari Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Beberapa bahan kimia seperti asam muriat atau pemutih dapat merusak permukaan lantai keramik dan berbahaya bagi kesehatan Anda. Hindari menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan pada pembersih yang Anda gunakan. Artikel ini telah tayamg di Ayoc4rirumah.com

9. Lap Lantai Keramik dengan Kain yang Bersih dan Basah

Setelah membersihkan lantai keramik, pastikan untuk mengeringkannya dengan menggunakan kain yang bersih dan basah. Jangan biarkan lantai keramik Anda basah terlalu lama karena dapat membuatnya menjadi licin dan berbahaya.

10. Gunakan Lapisan Pelindung

Lapisan pelindung dapat membantu melindungi lantai keramik dari goresan dan noda. Anda dapat menggunakan lapisan pelindung yang dijual di toko-toko peralatan rumah tangga atau dapat meminta saran dari ahli perawatan lantai keramik.

Baca Juga :  Membuat Lampu Gantung Unik dengan Barang Bekas

Kesimpulan

Membersihkan lantai keramik mungkin terlihat seperti tugas yang membosankan, namun dengan melakukan perawatan rutin secara teratur, Anda dapat menjaga tampilan lantai keramik tetap menarik dan bersih.

Sepuluh cara mudah yang telah dijelaskan di atas dapat membantu Anda membersihkan lantai keramik dengan lebih efektif dan mudah. Selain itu, pastikan untuk memilih pembersih yang tepat dan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya agar lantai keramik Anda tetap terjaga dan tidak rusak.

Pos terkait