Cara Bangun Rumah dengan Budget 100 Juta

Membangun-Rumah-dengan-Budget-100-Juta

Membangun rumah merupakan salah satu impian bagi kebanyakan orang. Namun, tidak sedikit pula yang terkendala oleh budget yang dimiliki. Untuk bisa membangun rumah yang memenuhi keinginan namun dengan budget terbatas, perlu dilakukan perencanaan yang matang.

Bangun Rumah dengan Budget 100 Juta

Di dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana membangun rumah dengan budget 100 juta dan rincian biayanya.

Bacaan Lainnya

1. Pemilihan Tanah

Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan tanah. Tanah yang akan dibeli harus sesuai dengan budget dan ukuran yang diinginkan. Pilihlah lokasi yang strategis dan memiliki potensi untuk berkembang di masa depan. Tanah dengan luas sekitar 100 meter persegi dengan harga sekitar 500 ribu hingga 1 juta per meter persegi akan memakan biaya sekitar 50-100 juta.

2. Desain Rumah

Setelah mendapatkan tanah, langkah berikutnya adalah merencanakan desain rumah. Agar bisa meminimalisir biaya, sebaiknya pilih desain rumah yang simpel dan minimalis. Desain rumah minimalis dapat menghemat biaya karena membutuhkan bahan bangunan yang lebih sedikit. Pastikan juga bahwa desain rumah yang dipilih memanfaatkan ruang yang ada secara maksimal dan sesuai dengan kebutuhan.

3. Biaya Bahan Bangunan

Setelah mendapatkan desain rumah, selanjutnya adalah menghitung biaya bahan bangunan yang diperlukan. Biaya bahan bangunan ini meliputi:

  • Batako atau Batu Bata

Pilihan batako atau batu bata menjadi opsi terbaik karena harganya yang relatif terjangkau dan memiliki daya tahan yang baik. Untuk membangun rumah dengan ukuran 100 meter persegi, diperlukan sekitar 7.500 batako atau batu bata dengan biaya sekitar 7,5-15 juta.

  • Semen

Semen merupakan bahan bangunan yang wajib digunakan dalam pembangunan rumah. Untuk membangun rumah dengan ukuran 100 meter persegi, diperlukan sekitar 50-60 sak semen dengan biaya sekitar 3-3,6 juta.

  • Pasir

Pasir digunakan sebagai campuran dalam pembuatan beton atau plesteran dinding. Diperlukan sekitar 5-10 truk pasir dengan biaya sekitar 5-10 juta.

  • Batu Kali

Batu kali digunakan sebagai lantai atau bagian pondasi rumah. Untuk membangun rumah dengan ukuran 100 meter persegi, diperlukan sekitar 10-15 truk batu kali dengan biaya sekitar 20-30 juta.

  • Besi Beton

Besi beton digunakan sebagai rangka utama pada pembuatan pondasi dan struktur bangunan. Untuk membangun rumah dengan ukuran 100 meter persegi, diperlukan sekitar 20-30 batang besi beton dengan biaya sekitar 6-9 juta.

  • Kayu

Kayu digunakan sebagai material untuk kerangka atap dan rangka plafon. Untuk membangun rumah dengan ukuran 100 meter persegi, diperlukan sekitar 5-10 balok kayu dengan biaya sekitar 5-10 juta.

  • Genteng

Genteng merupakan bahan atap yang penting untuk melindungi rumah dari cuaca. Diperlukan sekitar 5.000 genteng dengan biaya sekitar 15-20 juta.

  • Cat

Cat digunakan untuk melapisi dinding dan atap rumah. Diperlukan sekitar 10-15 galon cat dengan biaya sekitar 3-4 juta.

Baca Juga :  Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

  • Keramik

Keramik digunakan sebagai lantai dalam rumah. Diperlukan sekitar 50-60 meter persegi keramik dengan biaya sekitar 10-15 juta.

4. Biaya Tenaga Kerja

Selain biaya bahan bangunan, biaya tenaga kerja juga menjadi faktor penting dalam pembangunan rumah. Tenaga kerja yang diperlukan antara lain tukang batu, tukang kayu, tukang cat, dan tukang listrik. Untuk membangun rumah dengan ukuran 100 meter persegi, biaya tenaga kerja diperkirakan sekitar 25-30 juta.

5. Biaya Lain-lain

Selain biaya bahan bangunan dan tenaga kerja, ada juga biaya lain-lain yang perlu diperhitungkan seperti biaya izin mendirikan bangunan, biaya pengadaan alat kerja, biaya transportasi, dan biaya pemeliharaan.

Biaya izin mendirikan bangunan tergantung pada daerah yang diinginkan dan berkisar antara 1-5 juta. Untuk biaya pengadaan alat kerja seperti alat potong, gerinda, dan gergaji berkisar antara 5-10 juta. Biaya transportasi berkisar antara 3-5 juta dan biaya pemeliharaan rumah berkisar antara 1-2 juta per bulan.

Dengan memperhitungkan semua biaya tersebut, total biaya untuk membangun rumah dengan budget 100 juta adalah sekitar 95-150 juta. Namun, biaya tersebut masih bisa berubah tergantung dari lokasi dan harga bahan bangunan yang berlaku di daerah tersebut.

Kesimpulan

Membangun rumah dengan budget 100 juta memang membutuhkan perencanaan yang matang dan teliti. Pemilihan tanah, desain rumah, biaya bahan bangunan, biaya tenaga kerja, dan biaya lain-lain perlu diperhitungkan dengan baik agar tidak melebihi budget yang dimiliki.

Dengan mengikuti panduan di atas, diharapkan dapat membangun rumah yang nyaman dan sesuai dengan keinginan tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar.

Pos terkait