Harga Borongan Plester Aci Plus Bahan 2023

Plester Aci Plus Bahan

Harga borongan plester aci plus bahan perlu Anda ketahui sebagai estimasi sebelum membangun konstruksi. Sebab plester dan aci pada dinding adalah bagian akhir saat membangun ataupun melakukan renovasi rumah.

Proses ini diperlukan untuk menjadikan dinding rumah lebih halus, sehingga nantinya mempermudah ketiak mulai mengecat. Pengerjaan acian biasanya dilakukan apabila tukang sudah berhasil melakukan pemasangan dinding bata agar menjadi lebih rata.

Bacaan Lainnya

Tetapi masih ada orang yang tidak dapat melakukan pemlesteran dinding, sebab teknik ini memang membutuhkan skill khusus. Sehingga Anda butuh menggunakan jasa agar hasilnya lebih maksimal.

Sebelum memanfaatkan jasa tersebut, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu berapa harga borongan plester aci plus bahan agar persiapan anggaran biaya lebih matang.

Daftar Harga Borongan Plester Aci Dan Bahan

Ketika membuat rancangan anggaran membangun rumah, biasanya kontraktor akan memberikan rinciannya untuk Anda. Selain penggunaan material, biaya jasa pekerja juga termasuk ke dalam rancangan anggaran tersebut.

  1. Plester Aci Per Meter Persegi

Biaya plesteran aci untuk per meter persegi, biayanya berkisar 65 ribu rupiah. Untuk penghitungannya agar mendapatkan jumlah biaya plester untuk satu ruangan berikut rumusnya.

Katakanlah ruangan yang akan dilakukan acian luasnya yaitu 5 x 7 yaitu 35 meter persegi. Total luas tersebut kemudian dihitung menggunakan rumus yaitu harga plester acian per meter persegi x luas ruangan.

Totalnya menjadi 65.000 x 35, hasilnya yaitu 2.275.000. sehingga harga borongan plester aci plus bahan 2023 adalah 2.27500 rupiah.

  1. Harga Pemasangan Batu Bata

Penghitungan biaya pemasangan batu bata bisa menerapkan rumus di atas, tetapi tarif jasanya mencapai 90 ribu rupiah per meter persegi. Sehingga memang berbeda dengan harga borongan plester aci plus bahan.

Sehingga penghitungannya untuk ruangan dengan ukuran luas 35 meter persegi menjadi 90.000 x 35, hasilnya yaitu 3.150.000. Biaya yang harus Anda keluarkan untuk pemasangan batu bata sekitar 3.150.000 rupiah.

  1. Harga Sponengan

Sponengan merupakan pekerjaan acian dan plester untuk membentuk sudut sebesar 90 derajat pada dinding, balok beton dan kolom beton. Bagian ini mempunyai tingkat kesulitan yang terbilang tinggi sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mengerjakannya.

Harga borongan plester aci plus bahan dari sponengan ini mencapai 55 ribu per meter persegi. Sehingga untuk ukuran ruangan dengan luas mencapai 10 meter dibutuhkan biaya mencapai 550 ribu rupiah.

Baca Juga :  Perbedaan Antara Pernis Kayu dan Plitur

Cara Mengaci Dinding Dengan Tepat

Harga borongan plester aci plus bahan bisa dikatakan tidak terlalu mahal tetapi sebaiknya Anda tahu bagaimana prosesnya yang benar. Sehingga Anda bisa mengawal jasa pemasangan jika ada step yang terlewati atau kurang maksimal dilakukan.

Sebaiknya Anda melakukan proses pengacian ketika cuaca sedang panas serta dinding sudah benar-benar kering. Hal ini untuk menghindari agar dinding tidak mudah berjamur dan retak. Paling tidak berilah durasi waktu 2 hingga 3 minggu dari proses pemlesteran baru lanjut ke pengacian.

borongan plester aci plus bahan

Bersihkan terlebih dahulu dinding yang sudah diplester dari berbagai kotoran, debu dan minyak. Jika sudah bersih, basahi bagian tembok plester menggunakan air secukupnya, jangan sampai terlalu becek.

Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk proses tersebut diantaranya air, semen dan trowel khusus untuk mengaci, misalnya roskam yang terbuat dari baja dan kayu.

Campurlah semen dan air menggunakan perbandingan 3 : 1 agar tekstur adonannya pas. Jika bahan tersebut sudah tercampur lanjutkan dengan proses pengacian menggunakan roskam tersebut dengan tingkat ketebalan sekitar 1 – 3 mm.

Lanjutkan dengan meratakannya dengan roskam kayu dan gerakan melingkar. Lakukan proses tersebut selama 20 hingga 30 menit agar dinding tersebut tidak mudah kering, lembab dan retak.

Manfaat Plester Aci

Mungkin banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa manfaat dilakukannya proses pengacian. Berikut ini manfaatnya.

  • Meratakan Permukaan Tembok

Plester eksternal harus menghadirkan dinding yang terasa halus. Sehingga nantinya setelah dilakukan proses pengecatan, pemilik rumah bisa mengkombinasikan dengan desain interior serta eksterior yang berbeda.

  • Menjaga Tembok Agar Tahan Cuaca

Dinding rumah yang terus menerus diterpa hujan tentu saja berpotensi membasahi bata serta sambungannya. Lama kelamaan kondisi tersebut bisa mengakibatkan timbulnya alga. Lumut yang menempel pada dinding rumah bisa membuatnya menjadi rapuh.

Sehingga plesteran dinding menggunakan bahan dasar yang berkualitas bisa melindungi eksternal rumah dari cuaca yang tidak menentu.

Perbedaan Acian Dinding dan Plesteran

Perbedaan acian dinding dengan plesteran adalah pada saat proses pemolesan dilakukan sebelum dilakukan plesteran. Plester tersebut biasanya dilakukan pada batu bata atau dinding batu merah.

Tujuan dilakukannya plesteran adalah agar permukaan dinding halus, agar pemukaan dinding vertikal serta meningkatkan kekuatan dinding serta warna dinding menjadi lebih serasi.

Perbedaan Acian Dinding dan Plesteran

Campuran antara air semen dan pasir masih memerlukan plesteran. Tetapi untuk penggunaan AM 80 tidak membutuhkan pengamplasan ketika melakukan plester instan, cukup dengan mencampurkan bahan dan air.

Baca Juga :  Rumah Subsidi Pemerintah Apakah Bisa Dijual?

Proses pencampuran secara mudah bagi area bangunan eksterior dan interior yang berbeda, baik dalam kondisi basah atau kering. Sebab daya rekat dan kekuatan tekannya yang kuat membuat waktu kering menjadi lebih lama karena tidak membutuhkan proses pengamplasan layaknya nat semen konvensional.

Setelah melunakkan celah diantara plester dan plester, Anda bisa menggunakan produk AM 80 katakanlah sebanyak 40 kg. kapasitas 40 kg tersebut cukup untuk menutupi bagian permukaan mencapai 2 meter persegi dengan tingkat ketebalan mencapai 1 cm.

Tips Memilih Jasa Borongan Acian

Mencari jasa borongan yang baik memang gampang-gampang susah, banyak yang menawarkan dengan harga terjangkau hingga mahal. Tetapi harga juga tidak bisa dijadikan acuan mutlak untuk mendapatkan kualitas yang terbaik. Jangan sampai Anda menyesal karena hasilnya tidak sesuai, pastikan Anda memperhatikan tips-tips sebelum memilihnya.

Tips pertama untuk memilih jasa borongan acian jelas dengan memperhatikan pengalaman dan reputasinya. Pastikan bahwa pemborong tersebut sudah berpengalaman dengan hasil yang baik selama melakukan pekerjaannya. Cobalah untuk meminta hasil proyek sebelumnya sebagai bukti hasil kerjanya, Anda bisa menanyakan pada keluarga atau teman untuk mendapatkan rekomendasi.

Lakukan komunikasi dengan pihak pemborong untuk memastikan bahwa mereka dapat diajak untuk berkomunikasi. Pemborong yang memiliki cara komunikasi yang baik akan membuat proses konsultasi dan diskusi menjadi lebih lancar.

Tanyakan pula soal garansinya, carilah pemborong yang berani untuk memberi garansi pada saat dilakukan kesepakatan kerja. Hal ini sangat penting, sebab hak Anda akan terlindungi apabila terjadi kendala kerja saat proses pembangunan.

Bahkan garansi ini juga bisa berlaku jika terjadi kerusakan setelah selesai prosesnya dalam kurun waktu tertentu. Jika mereka berani memberikan garansi artinya hasil kerjanya memang sangat baik.

Proses plester dan acian memang penting untuk menunjang hasil yang maksimal pada hunian Anda. Sehingga mengetahui harga borongan plester aci plus bahan adalah penting sebagai estimasi anggaran yang harus dikeluarkan.

Pos terkait