Ketahui Ukuran Paving Block, Sesuai Pasang

Rumah menjadi impian setiap orang karena merupakan tempat ternyaman untuk ditinggali. Berbagai cara dilakukan untuk mempercantik di dalam dan luar rumah. Salah satunya adalah menggunakan paving block sehingga harus diketahui ukuran paving block yang tepat sebelum pemasangan.

Ketahui Ukuran Paving Block Sebelum Pemasangan Agar Tepat Sasaran

Pemasangan paving block pada rumah dapat mempercantik dan merapikan exterior rumah. Tak hanya itu, paving juga dapat membuat akses mobil menjadi mudah saat masuk ke dalam rumah. Terlebih kehadiran paving dapat membuat rumah menjadi terkesan modern dan kekinian.

Bacaan Lainnya

Pengertian Paving Block

Setiap rumah akan memiliki ciri khas masing-masing yang tentu berbeda satu sama lain. Paving block inilah yang dapat menjadi ciri khas dan pembeda dari suatu rumah. Mengingat terdapat berbagai macam ukuran paving block dan model yang beragam sehingga antara satu rumah dengan yang lain tidak akan memiliki persamaan.

Paving Block rumput

Paving block sendiri merupakan suatu teknik dekoratif yang digunakan untuk membuat jalan setapak di permukaan tanah. Pemasangannya bisa menggunakan batu bata biasa atau pun menggunakan batu bata hias sesuai dengan tujuan pemasangan.

Penggunaan paving block ini akan membuat pola khusus dengan tujuan agar tidak terdapat kekosongan pada tanah serta menambah estetika sehingga rumah terkesan lebih menarik.

Penggunaan paving blok ini bisa disesuaikan dengan tujuan apakah akan dipasang permanen atau dapat dilepas pasang. Proses pemasangan ini begitu mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kemudahan ini membuat paving block diminati untuk menambah estetika pada rumah Anda.

Mengenal Jenis dan Ukuran Paving Block

Paving block memiliki jenis dan ukuran berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan. Perbedaan inilah yang akan membuat pemasangan paving block terkesan lebih menarik. Berikut merupakan model paving block beserta ukuran yang biasa digunakan:

Paving Block Model Bata

Jenis paving block yang popular digunakan di kalangan masyarakat Indonesia adalah model bata. Seperti bata pada umumnya model ini memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran yang cukup besar. Ukurannya bervariasi mulai dari 10.5 x 21 m hingga 12 X 21 m dengan ketebalan dan dimensi paving block beragam mulai dari 6 cm, 8 cm, hingga 10 cm.

Paving block model bata disukai di kalangan masyarakat karena bentuknya yang sederhana sehingga mudah dalam pemasangannya. Bentuk yang sederhana juga membuat pemasangan tak perlu menggunakan perhitungan yang rumit dan sulit. Alhasil Anda tak perlu membutuhkan banyak paving block untuk digunakan.

Baca Juga :  Apa itu yang di maksud Rumah Cluster?

Paving Block Model W

Bentuk paving block lain yang popular adalah paving block model W. Model ini terkesan lebih menarik dari tipe bata karena membuat rumah terkesan tidak polos. Tampilan rumah akan lebih terkesan berwarna dengan gaya kekinian.

Meskipun bermodel, tipe ini masih tergolong yang mudah dalam pemasangannya. Hal ini terbukti pada pemasangan yang tidak membutuhkan waktu yang banyak karena tidak memerlukan perhitungan yang rumit. Polanya juga terkesan begitu menarik jika dapat terpasang dengan sempurna.

Paving Block Uni Dekor

Jika kedua model di atas terkesan biasa saja, maka Anda dapat mencoba menggunakan tipe uni dekor. Tipe ini dapat membuat rumah Nampak lebih unik dan juga menarik. Bagaimana tidak, polanya begitu menarik dan unik sehingga akan memberikan kesan berbeda dari paving block biasa.

Paving Block 3 dimensi

Bentuknya yang unik membuat pemasangan paving ini terkesan sulit. Pasalnya dibutuhkan perhitungan yang matang dan kompleks untuk hasil yang sempurna. Pemasangan tanpa perhitungan akan menghasilkan paving tidak tertata dengan baik dan hasilnya pun akan terlihat biasa saja.

Paving Block Model Segitiga (Trihex)

Model lain yang dapat meningkatkan kesan unik dan menarik adalah model segitiga. Paving ini biasa dikenal dengan istilah Trihex. Paving ini memiliki ukuran paving block 19,6 X 9,6 cm dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 6 cm hingga 10 cm.

Bentuknya yang unik membuat pemasangan paving ini begitu rumit. Perhitungannya juga sulit sehingga paving ini hanya dimungkinkan pemasangan satu tipe pola saja.

Paving Block Model Segi Enam (Hexagon)

Model ini mungkin menjadi model yang paling popular di kalangan masyarakat. Rasanya setiap bangunan telah mengaplikasikan model ini mulai dari rumah, rumah sakit, restoran, hingga tempat beribadah.

Paving Block Segi Enam

Paving ini popular karena tingkat kemudahan saat pemasangan. Bisa dibilang paving block segi enam memiliki tingkat kemudahan setara dengan persegi panjang.

Perhitungannya juga sangat mudah di mana setiap 1 meter per segi tanah hanya membutuhkan 27 buah paving block hexagon. Untuk itu, Anda bisa memperkirakan dengan pasti mengenai kebutuhan pemasangan paving block pada rumah.

Paving Block Tipe Rumput

Paving block ini memiliki model yang berbeda dari sebelumnya. Bagaimana tidak, pemasangan paving block bertujuan untuk menghindari pertumbuhan rumput di tanah. Namun pada model ini rumput justru dibiarkan tumbuh dengan bebas.

Baca Juga :  Jumlah Kamar Ideal untuk Rumah Pertama

Rumput sengaja dibuat pada tengah-tengah paving block. Hal ini bertujuan untuk membuat halaman lebih menarik dan terkesan memiliki gaya hijau yang menyejukkan. Paving ini bisa dipakai jika Anda ingin menghubungkan satu rumah dengan halaman belakang.

Paving Block Cacing (Model Zig Zag)

Tipe lain dari paving block yang juga banyak digunakan adalah model cacing atau zig zag. Model ini kerap disebut sebagai interpave dan menjadi model paling popular. Penggunaannya sering digunakan pada jalan perumahan dengan tujuan untuk memperkeras jalan di daerah tersebut.

Penggunaannya sangat hemat karena Anda hanya membutuhkan sedikit paving saja untuk dapat menutupi setiap permukaan tanah. Desainnya yang sederhana namun cantik juga membuat kesan lebih modern dan kekinian.

Fungsi Paving Block

Paving block dikenal sebagai bahan tambahan bangunan yang digunakan untuk kepentingan estetika semata. Bagaimana tidak, bentuknya yang unik dan menarik dapat menghasilkan efek yang tidak bisa dihasilkan oleh bahan bangunan lainnya.

Namun, sejatinya paving block tak hanya untuk kepentingan semata karena kehadirannya dapat digunakan untuk membantu dalam menstabilkan kondisi tanah yang tidak rata atau labil khususnya bagi tanah yang memikul beban berat layaknya mobil.

Fungsi Paving Block

Selain itu, pemasangan paving block yang murah juga sangat disarankan dalam membuat jalan setapak dengan biaya rendah. Hal ini sangat cocok untuk digunakan pada perkampungan atau desa. Tak hanya bahannya yang murah dari segi perawatan juga tidak ribet dan mudah diperbaiki jika terdapat kerusakan.

Ukurannya yang sangat beragam dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemasangan. Ukuran paving block tersedia dari yang paling kecil 10,5 cm X 21 cm, 11,5 cm X 22 cm, hingga ukuran terbesar 19,7 cm X 9,6 Cm. Perbedaan ukuran akan menghasilkan pola berbeda satu sama lain saat pemasangan.

Penggunaan paving block harus disesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya setiap lahan membutuhkan ukuran paving block yang berbeda satu sama lain. Lakukan konsultasi secara mendalam dengan ahli bangunan atau arsitektur untuk menghasilkan pemasangan paving block yang memenuhi estetika dan meningkatkan nilai suatu bangunan.

Pos terkait