Pengertian Trafo CT dan Fungsinya

Pengertian Trafo CT
Pengertian Trafo CT

Pengertian Trafo CT | Transformator Arus, atau yang sering disebut Trafo CT (Center Tapped), merupakan salah satu komponen krusial dalam dunia elektronika. Trafo CT sering digunakan sebagai bagian penting dalam pembuatan power supply untuk audio dan amplifier.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas lebih lanjut mengenai pengertian Trafo CT, bagaimana cara kerjanya, dan fungsinya dalam rangkaian elektronika.

Bacaan Lainnya

Pengertian Trafo CT

Trafo CT adalah transformator yang memiliki dua gulungan sekunder yang terhubung secara seri dan memiliki tap tengah tepat pada titik tengah gulungannya. Tap tengah ini memungkinkan transformator menghasilkan dua suplai tegangan yang berbeda fasa, yang sangat bermanfaat dalam pembuatan power supply simetris.

Transformator ini didesain untuk memiliki jumlah lilitan dua kali lebih banyak dari transformator non-CT. Trafo CT sering digunakan untuk membuat rangkaian power supply simetris gelombang penuh, yang umumnya dipakai pada amplifier audio modern. Penggunaan kutub positif, netral, dan negatif dalam rangkaian dapat diakomodasi dengan baik oleh Trafo CT.

Cara Kerja Trafo CT

Cara kerja Trafo CT didasarkan pada prinsip dasar induksi elektromagnetik. Berikut adalah langkah-langkah cara kerja Trafo CT:

  1. Gulungan Sekunder: Trafo CT memiliki dua gulungan sekunder yang terhubung secara seri. Kedua gulungan ini dirancang dengan jumlah lilitan dua kali lebih banyak daripada trafo non-CT.
  2. Tap Tengah (CT): Tap tengah pada gulungan sekunder berfungsi sebagai titik netral. Adanya tap tengah memungkinkan perbedaan fase 180 derajat antara dua ujung gulungan sekunder.
  3. Perubahan Tegangan: Tegangan pada pin D dan E berubah secara periodik dari positif ke negatif dan sebaliknya. Ketika tegangan pada pin D mencapai puncak gelombang sinus, tegangan pada pin E berada pada lembah gelombang sinus, dan sebaliknya.
  4. Output Simetris: Output Trafo CT menciptakan dua suplai tegangan yang simetris, memungkinkan penggunaan positif dan negatif secara bersamaan dalam rangkaian elektronika.
Baca Juga :  Harga Borongan Pasang Keramik Per Meter
Trafo CT
Trafo CT

Fungsi dan Kegunaan Trafo CT

Power Supply Simetris: Fungsi utama Trafo CT adalah dalam pembuatan power supply simetris. Power supply ini diperlukan dalam rangkaian audio dan amplifier untuk menghasilkan output audio yang berkualitas tinggi.

Pemrosesan Sinyal Audio: Power supply simetris yang dihasilkan oleh Trafo CT membantu meningkatkan kualitas pemrosesan sinyal audio. Hal ini penting dalam mencapai reproduksi suara yang jernih dan akurat.

Pemisahan Tegangan: Adanya tap tengah memungkinkan pemisahan tegangan antara dua bagian gulungan sekunder. Ini memudahkan dalam mendapatkan dua suplai tegangan yang dapat digunakan secara independen.

Stabilitas Tegangan: Trafo CT membantu menciptakan rangkaian dengan stabilitas tegangan yang baik, mengurangi fluktuasi dan gangguan pada output daya.

Baca Juga: Harga Besi Tua Terbaru 2023

Struktur dan Komponen Travo CT

Travo CT memiliki struktur yang relatif sederhana, tetapi perlu memenuhi standar ketat untuk memastikan akurasi pengukuran dan keamanan operasional. Beberapa komponen utama dalam Travo CT meliputi:

  • Inti Besi atau Ferit: Inti besi atau ferit digunakan untuk meningkatkan induktansi dan efisiensi transformator. Material inti dipilih untuk memiliki permeabilitas magnetik yang tinggi.
  • Kumparan Primer dan Sekunder: Kumparan primer terdiri dari beberapa lilitan dan dihubungkan secara seri dengan sirkuit utama yang diukur. Kumparan sekunder memiliki lilitan yang lebih banyak dan menghasilkan arus yang diukur untuk keperluan monitoring atau proteksi.
  • Penutup dan Kapsul: Travo CT biasanya dilengkapi dengan penutup atau kapsul untuk melindungi komponen internal dari kondisi lingkungan yang keras dan risiko kontak fisik. Material penutup dapat berupa bahan isolasi yang tahan terhadap panas dan kelembaban.
  • Tegangan dan Arus Nisbi (Rated Voltage and Current): Setiap Travo CT memiliki tegangan dan arus nisbi yang spesifik, menunjukkan rentang nilai arus yang dapat diukur dan nilai tegangan yang dapat dihadapi tanpa mengorbankan kinerja dan akurasi.
Baca Juga :  Harga Fiber Pagar dan Fungsinya

Kesimpulan

Transformator Arus (Trafo CT) memegang peran penting dalam dunia elektronika, khususnya dalam pembuatan power supply simetris. Dengan kemampuannya menghasilkan dua suplai tegangan simetris, Trafo CT menjadi komponen yang sangat berharga dalam desain rangkaian audio modern.

Fungsinya dalam memproses sinyal audio dan menyediakan daya yang stabil membuatnya menjadi pilihan utama dalam berbagai aplikasi elektronika yang membutuhkan kinerja tinggi.

Pos terkait