Harga Fiber Pagar dan Fungsinya

Harga Fiber Pagar
Harga Fiber Pagar

Harga Fiber Pagar | Pagar bukan hanya sekadar elemen fungsional sebagai pembatas fisik, tetapi juga memiliki peran penting dalam menentukan estetika dan keamanan suatu properti. Selama beberapa dekade terakhir, inovasi dalam konstruksi pagar telah memberikan persaingan serius terhadap material tradisional seperti kayu dan besi. Salah satu inovasi terkemuka dalam hal ini adalah penggunaan serat (fiber) sebagai bahan utama untuk membuat pagar.

Apa Itu Fiber Pagar?

Fiber pagar dapat didefinisikan sebagai jenis pelindung pagar yang terbuat dari material komposit yang mengandung serat atau serat optik dalam matriks polimer. Ini merupakan alternatif modern yang menggabungkan kekuatan serat dengan kemudahan penggunaan polimer, menciptakan pagar yang tahan lama, kuat, dan mampu menahan pengaruh elemen alam.

  1. Material Komposit: Fiber pagar terbuat dari material komposit yang mengombinasikan serat atau serat optik dengan matriks polimer seperti plastik. Ini menciptakan struktur yang sangat kuat dan tahan lama.
  2. Tahan Terhadap Korosi: Fiber pagar tahan terhadap korosi dan perubahan cuaca, menjadikannya ideal untuk penggunaan di luar ruangan.
  3. Ketahanan Terhadap Tekanan: Material serat memberikan kekuatan ekstra pada pagar, menjadikannya tahan terhadap tekanan fisik seperti benturan dan tekanan angin.
  4. Ringan dan Mudah Dipasang: Fiber pagar umumnya lebih ringan daripada pagar logam, sehingga mudah diangkut dan dipasang.

Manfaat Fiber Pagar

Fiber pagar memiliki sejumlah manfaat yang membuatnya menjadi pilihan menarik, antara lain:

  • Tahan Lama: Fiber pagar tahan lama dan memiliki umur panjang, mengurangi biaya pemeliharaan jangka panjang.
  • Tahan Terhadap Korosi: Dalam perbandingan dengan pagar logam, fiber pagar tidak akan berkarat atau mengalami korosi, bahkan dalam kondisi lingkungan yang ekstrem.
  • Ketahanan Terhadap Serangan Hama: Fiber pagar tahan terhadap serangan hama seperti rayap, yang sering menjadi masalah pada pagar kayu. Ini membuatnya menjadi investasi jangka panjang yang dapat menghemat biaya perawatan.
  • Estetika: Fiber pagar seringkali memiliki tampilan yang menarik dan tersedia dalam berbagai gaya dan warna yang dapat disesuaikan dengan desain properti.
  • Ketahanan Terhadap Cuaca: Fiber pagar tahan terhadap perubahan cuaca ekstrem dan tidak akan pecah atau retak akibat paparan sinar UV atau cuaca yang keras.
Baca Juga :  Pengertian Voltase dan Peran Pentingnya dalam Listrik

Keberlanjutan dan Lingkungan

Penggunaan fiber pagar juga membawa manfaat dari segi keberlanjutan dan lingkungan, seperti:

Ramah Lingkungan: Fiber pagar umumnya terbuat dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang, mengurangi limbah plastik.

Pengurangan Pemakaian Kayu: Penggunaan fiber pagar dapat mengurangi pemanenan kayu, yang berdampak positif pada keberlanjutan hutan.

Efisiensi Sumber Daya: Pagar fiber memerlukan lebih sedikit sumber daya alam dalam proses produksi dan pemeliharaan daripada pagar tradisional.

Baca Juga: Pengertian Trafo CT dan Fungsinya

Penerapan Fiber Pagar

  • Keamanan Residensial: Fiber pagar menjadi pilihan utama untuk meningkatkan keamanan rumah dan properti residensial. Desain yang kuat dan tahan lama membuatnya efektif sebagai penghalang untuk melindungi privasi dan mencegah akses yang tidak diinginkan.
  • Properti Komersial: Di properti komersial, fiber pagar memberikan solusi keamanan yang efisien tanpa mengorbankan penampilan estetika. Desain yang variatif memungkinkan properti komersial untuk memilih pagar yang sesuai dengan identitas merek dan suasana lingkungan.
  • Taman dan Area Rekreasi: Kehadiran fiber pagar dalam desain taman atau area rekreasi dapat memberikan kombinasi antara keamanan dan tampilan yang bersih. Keberlanjutan dan ketahanan terhadap elemen-elemen alam membuatnya cocok untuk aplikasi luar ruangan.

Harga Fiber Pagar

No Jenis Fiber Pagar Panjang Harga (per meter)
a Fiber Plastik Polos 50 cm Rp12 ribu
b Fiber Plastik Motif Bambu 50 cm Rp12 ribu
c Model Fiber Plastik Motif 50 cm Rp15 ribu
d Jenis Fiber Plastik Polos 70 cm Rp16 ribu
e Fiber Pagar Plastik 3D Batik 50 cm Rp18 ribu
f Fiber Plastik Polos 1 m Rp23 ribu
g Model Fiber Plastik Polos 85 cm Rp24 ribu
h Jenis Fiber Motif Batik Pasir 50 cm Rp27 ribu
i Fiber Plastik Motif Daun 50 cm Rp27 ribu
j Fiber Plastik Motif Hijau Tulip 1 m Rp29 ribu
k Model Fiber Plastik Motif 50 cm Rp30 ribu
l Jenis Fiber Plastik Motif Gloss 1 m Rp39 ribu
m Fiber Pagar Polos 1 roll Rp1 juta – Rp1,5 juta
n Fiber Plastik Polos SUPERPLAS 1 roll Rp1,2 juta
Baca Juga :  Darimana Keuntungan Bisnis Properti?

Tabel di atas memberikan gambaran tentang berbagai jenis fiber pagar beserta panjangnya dan harga per meter atau per roll. Pastikan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan preferensi Anda sebelum memutuskan jenis fiber pagar yang akan dipilih.

Kesimpulan

Fiber pagar merupakan inovasi canggih dalam industri keamanan dan desain properti. Kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas desain membuatnya menjadi pilihan yang cerdas bagi mereka yang mencari solusi pagar yang modern, ringan, dan tahan lama.

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, fiber pagar membuktikan diri sebagai investasi yang berharga untuk meningkatkan keamanan dan estetika properti.

Pos terkait