Tips Mudah Memperbaiki Jendela yang Tidak Bisa Ditutup dengan Sempurna

Jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna seringkali mengganggu kenyamanan rumah atau ruangan anda. Selain itu, kondisi jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna juga akan membuat rumah atau ruangan anda tidak aman dari serangan pencuri. Maka dari itu, perlu ada upaya untuk memperbaiki jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna.

Tips Mudah Memperbaiki Jendela yang Tidak Bisa Ditutup dengan Sempurna

Berikut adalah tips mudah untuk memperbaiki jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna.

Bacaan Lainnya

1. Periksa Kondisi Frame Jendela

Langkah pertama dalam memperbaiki jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna adalah dengan memeriksa kondisi frame jendela. Cek apakah ada bagian frame jendela yang sudah lapuk atau bahkan retak. Jika ada, segera ganti bagian frame jendela yang rusak tersebut dengan yang baru. Pastikan ukuran frame jendela yang baru sesuai dengan ukuran frame jendela yang lama.

2. Periksa Kondisi Engsel Jendela

Setelah memeriksa kondisi frame jendela, langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi engsel jendela. Cek apakah engsel jendela sudah kendor atau bahkan patah. Jika ya, segera ganti engsel jendela yang rusak tersebut dengan yang baru. Pastikan ukuran engsel jendela yang baru sesuai dengan ukuran engsel jendela yang lama.

3. Bersihkan Kotoran pada Jalur Jendela

Jalur jendela yang kotor bisa menjadi penyebab jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna. Oleh karena itu, bersihkan kotoran yang menempel pada jalur jendela tersebut. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sikat atau lap yang lembut. Pastikan jalur jendela benar-benar bersih dan bebas dari kotoran.

4. Olesi Lubricant pada Jalur Jendela

Setelah membersihkan kotoran pada jalur jendela, langkah selanjutnya adalah mengolesi lubricant pada jalur jendela. Lubricant berfungsi untuk mengurangi gesekan pada jalur jendela sehingga jendela bisa bergerak dengan lancar. Anda bisa menggunakan lubricant khusus untuk jendela yang bisa anda dapatkan di toko bangunan terdekat.

Baca Juga :  Membuat Rak Sepatu Gantung dengan Bahan Sederhana dan Mudah Ditemukan

5. Pasang Peredam Suara pada Jalur Jendela

Jika langkah-langkah di atas belum berhasil memperbaiki jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna, anda bisa memasang peredam suara pada jalur jendela. Peredam suara berfungsi untuk meredam suara dari luar agar tidak masuk ke dalam ruangan anda. Namun, peredam suara juga bisa berfungsi untuk mengurangi gesekan pada jalur jendela sehingga jendela bisa bergerak dengan lancar.

FAQ

1. Apakah semua jenis jendela bisa diperbaiki dengan tips di atas?

Tidak semua jenis jendela bisa diperbaiki dengan tips di atas. Ada beberapa jenis jendela yang lebih kompleks dan memerlukan penanganan khusus, seperti jendela geser atau jendela lipat. Jika anda tidak yakin bisa memperbaiki jendela anda sendiri, lebih baik memanggil tukang untuk memperbaiki jendela anda.

2. Apakah semua engsel jendela bisa diganti dengan engsel yang baru?

Tidak semua engsel jendela bisa diganti dengan engsel yang baru. Ada beberapa jenis engsel jendela yang memiliki ukuran dan model yang khusus. Oleh karena itu, pastikan anda membeli engsel jendela yang sesuai dengan ukuran dan model engsel jendela yang lama.

3. Apakah perlu memanggil tukang untuk memperbaiki jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna?

Jika anda tidak yakin bisa memperbaiki jendela anda sendiri, lebih baik memanggil tukang untuk memperbaiki jendela anda. Tukang akan lebih berpengalaman dalam memperbaiki jendela dan bisa memberikan solusi yang lebih efektif untuk memperbaiki jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna.

Kesimpulan

Memperbaiki jendela yang tidak bisa ditutup dengan sempurna bisa dilakukan dengan tips mudah seperti memeriksa kondisi frame jendela, memeriksa kondisi engsel jendela, membersihkan kotoran pada jalur jendela, mengolesi lubricant pada jalur jendela, dan memasang peredam suara pada jalur jendela.

Baca Juga :  Merawat AC di Rumah agar Tetap Dingin dan Efisien

Jika anda tidak yakin bisa memperbaiki jendela anda sendiri, lebih baik memanggil tukang untuk memperbaiki jendela anda. Ingatlah bahwa jendela yang bisa ditutup dengan sempurna akan membuat rumah atau ruangan anda lebih aman dan nyaman.

Pos terkait